16 Januari 2021 1:46 pm

10 Jenis Jambu Air Unggul Terlezat yang Menjadi Favorit Masyarakat

10 Jenis Jambu Air Unggul Terlezat yang Menjadi Favorit Masyarakat
Jambu air? Baru mendengar namanya saja, kita pasti langsung terbayang betapa segarnya buah yang satu ini. Yapsss, jambu air sendiri memang terkenal dengan kandungan airnya yang melimpah serta citarasanya yang lezat sehingga sangat mantap saat disantap. Di Indonesia, jambu air juga sangat mudah dijumpai dimana saja karena sudah banyak dibudidayakan masyarakat.

Jambu air merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk kedalam suku Myrtaceae (Jambu – jambuan) yang berasal dari Asia Tenggara. Buah yang satu ini dapat dikonsumsi secara langsung ketika sudah matang, dijadikan sebagai buah meja, ataupun dikreasikan menjadi berbagai macam olahan seperti rujak dan manisan.
Tanaman dengan nama ilmiah Syzygium aqueum ini memiliki pohon perdu yang dapat tumbuh mencapai 10 meter. Batangnya tumbuh berkelok – kelok dan memiliki percabangan yang banyak dengan kulit berwarna cokelat. Daunnya termasuk kedalam jenis daun tunggal, berbentuk memanjang, berwarna hijau, dan mengeluarkan aroma khas ketika diremas.

Pada umumnya, buah jambu air berbentuk gasing dengan pangkal mengecil, ujung membulat, dan kulit berwarna hijau atau merah. Tapi pada beberapa jenis, ada juga yang buahnya berbentuk bulat dengan kulit buah berwarna putih. Daging buahnya berwarna putih, memiliki air yang banyak, dan terdapat biji kecil sekitar 1 – 2 butir di dalamnya.

Jenis jambu air yang ada saat ini sangatlah beragam dan masing – masing memiliki kelebihan tersendiri. Ada yang unggul dalam segi rasa, ukuran buahnya, keunikannya, hingga cara penanamannya yang mudah. Nah pada kesempatan kali ini, kami akan merangkum tentang jenis – jenis jambu air terlezat yang menjadi favorit masyarakat :

1. Jambu Madu Deli Merah.
Jambu air madu deli merah merupakan salah satu jenis jambu air unggulan yang sangat terkenal di Indonesia. Dikatakan unggulan karena jambu air ini memiliki daging buah yang tebal dan padat. Tak hanya tebal, buahnyapun juga tidak memiliki biji. Untuk rasanya nggak perlu diragukan lagi deh! Jambu madu deli merah merah menawarkan citarasa buah yang sangat manis dan lezat.

Citarasanya yang nikmat ini masih ditambah lagi dengan tekstur daging buahnya yang renyah dan juicy, dengan kandungan air yang melimpah. Jambu jenis ini memiliki waktu berbuah yang terbilang cukup cepat. Bibit hasil okulasi hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 – 2 tahun saja.

2. Jambu Air Madu Deli Hijau.
Jenis jambu air yang kedua adalah jambu air madu deli hijau. Seperti namanya, jambu air yang satu ini memiliki buah dengan warna hijau saat sudah matang. Meskipun demikian, namun jangan salah!!! Jambu yang satu ini merupakan varietas unggulan dengan citarasa yang sangat manis. Hebatnya lagi, jambu ini juga tidak memiliki biji di dalam buahnya.

Nah Andapun tidak perlu repot lagi untuk membuang bijinya satu – satu. Hilangnya biji yang ada di dalam buahnya juga membuat jambu air madu deli hijau memiliki daging buah yang lebih tebal sehingga lebih mantap saat disantap. Keunggulan lain dari jambu ini adalah sifatnya yang genjah (cepat berbuah). Untuk bibit hasil okulasi, bahkan hanya perlu waktu sekitar 1 tahun saja untuk berbuah. Mantap bukan?

3. Jambu Air Madu Super Green.
Jambu air terlezat yang selanjutnya adalah jambu air madu super green. Jambu jenis ini paling banyak diminati masyarakat karena selain memiliki citarasa yang super manis dan lezat, jambu ini juga memiliki ukuran buah yang super jumbo. Ukuran satu buahnya saja bisa mencapai sebesar satu botol air mineral gelas. Kalau ditimbang, berat satu buahnya bisa mencapai 0,5 kg. Mantep banget kan?

Bibit jambu air madu super green hasil cangkok/okulasi akan mulai belajar berbuah saat berusia 1 – 2 tahun sejak penanaman. Pohon jambu air super green juga memiliki ukuran yang cukup besar dan dapat memproduksi buah dalam jumlah yang melimpah.

4. Jambu Air Bol Jamaika.
Jambu air unggulan yang satu ini berasal dari kawasan Asia Tenggara. Keunggulan utama dari jambu ini terletak pada ukuran buahnya yang cukup besar. Bahkan lebih besar jika dibandingkan dengan jambu air biasa. Mau tahu besarnya seperti apa? Sekarang coba deh kepalkan tangan Anda. Nah besarnya bisa mencapai satu kepal tangan Anda. Mantap bukan?

Tak hanya unggul dalam segi ukuran, jambu air bol jamaika juga menawarkan citarasa buah yang sangat manis, juicy, dan memanjakan lidah. Tekstur daging buahnya yang renyah serta daging buahnya yang tebal juga semakin menambah kenikmatan saat mencicipi jambu ini. Sama seperti jambu air pada umumnya, jambu ini juga memiliki kandungan air yang melimpah dan terasa segar saat disantap.

5. Jambu Air Citra.
Bagi Anda penghobby jambu air, pasti pernah mendengar nama jambu air yang satu ini. Yapss! Jambu air citra namanya. Dari sekian banyaknya jenis jambu air, bisa dibilang jambu air citra merupakan varietas yang paling dikenal masyarakat. Kenapa? Karena jambu ini memiliki citarasa yang sangat lezat, manis, dan juicy.

Tak hanya itu, ketika Anda mengunyah buahnya maka Anda akan langsung dimanjakan dengan tekstur daging buahnya yang renyah dengan kandungan air yang melimpah. Jambu air citra juga memiliki aroma harum yang sangat menggoda sehingga lebih menggugah selera. Hebatnya lagi, jambu ini juga tidak memiliki biji sehingga lebih mantap saat dinikmati.

6. Jambu Air Delima.
Jambu air delima merupakan salah satu jenis buah jambu air unggulan asli dari Indonesia. Buah kebanggaan warga Demak, Jawa Tengah ini bahkan mampu menjadi primadona bagi masyarakat. Selain itu, jambu air delima juga memiliki kualitas buah yang berani diadu dengan varietas jambu air unggulan lainnya.

Keunggulan utama dari jambu air delima terletak pada citarasanya yang manis, lezat, dan bikin nagih. Tingkat kemanisan jambu ini bahkan menyamai tingkat kemanisan jambu citra yang memang dikenal dengan citarasanya yang lezat. Ketika dikunyah, daging buahnya yang renyah dan kandungan airnya yang melimpah pasti akan langsung memanjakan lidah dan mengusir dahaga Anda.

7. Jambu Air Cincalo.
Jambu air yang selanjutnya adalah jambu air cincalo. Jambu air ini merupakan varietas unggulan yang patut Anda coba. Kenapa wajib? Karena jambu ini memiliki banyak sekali keunggulan yang bisa Anda banggakan jika memilikinya. Salah satu keunggulannya adalah tekstur daging buahnya yang renyah, beraroma harum, dan lebih padat.

Untuk rasanya, jambu air cincalo memiliki citarasa buah yang sangat manis tanpa adanya rasa sepat sedikitpun. Citarasanya yang manis ini masih ditambah dengan kandungan airnya yang melimpah. Hebatnya lagi, jambu air cincalo juga tidak memiliki biji loh! Jadi Andapun bisa lebih puas saat menyantapnya. Kebayangkan gimana nikmatnya?

8. Jambu Air King Rose.
Meskipun namanya kurang populer, namun jambu air king rose ini punya banyak keunggulan yang mungkin tidak dimiliki jambu air lainnya. Salah satu keunggulannya adalah jambu ini memiliki buah yang sangat eksotis. Seperti namanya, jambu ini memiliki buah dengan warna yang merah merona seperti rose flower atau bunga mawar.

Ukuran buahnya juga terbilang jumbo, jika jambu air biasa hanya sekitar 100 gram/buah, jambu air king rose bisa lebih dari 350gram/buah. Ukuran buahnya yang besar ini masih ditambah lagi dengan rasanya yang manis dan legit serta daging buahnya yang renyah, juicy, beraroma harum dan rata – rata tidak memiliki biji. Dari 10 buah jambu air king rose, yang memiliki biji hanya sekitar 1 – 2 buah.

9. Jambu Air Bajang Leang.
Jambu air warnanya hijau atau merah? Itumah udah biasa. Tapi pernahkah Anda melihat buah jambu air yang warnanya berbeda? "Emangnya ada?" Ada dong! Jambu Air Bajang Leang namanya. Jambu air yang berasal dari negeri gajah putih, Thailand ini memiliki buah dengan yang warna terlihat cantik, unik, dan berbeda dari jambu air biasa.

Jika jambu air pada umumnya berwarna hijau atau merah, jambu air bajang leang punya 3 warna sekaligus yakni hijau, kuning, dan merah yang membentuk sebuah gradasi warna yang indah. Selain itu, citarasanya juga sangatlah manis dan legit, belum lagi ditambah dengan tekstur daging buahnya yang renyah dan kandungan airnya yang melimpah. Dijamin mantep banget deh pokoknya!

10. Jambu Air Camplong.
Setelah jambu air bajang leang yang berasal dari Thailand, kini ada jambu air camplong yang berasal dari Indonesia. Jambu air yang satu ini banyak ditemukan di daerah Sampang, Madura. Meskipun termasuk kedalam jenis buah – buahan lokal, namun jambu ini memiliki banyak keunggulan yang sangat menguntungkan jika dibudidayakan.

Jambu air camplong memiliki buah dengan citarasa yang sangat manis dan terasa lebih juicy. Teksktur daging buahnya juga sangatlah renyah, beraroma harum, dan lebih tebal daripada jambu biasa. Uniknya, citarasa manis pada jambu ini bahkan sudah muncul saat buahnya masih muda. Kalau masih muda aja udah manis, apalagi kalau sudah matang? Hmm bisa Anda bayangkan sendiri deh!
Nah itulah beberapa jenis jambu air dengan citarasa terlezat dan menjadi favorit masyarakat. Sebenarnya masih ada berbagai macam jenis jambu air unggulan lainnya, namun tidak mungkin jika semuanya ditulis dalam satu artikel ini. Jika Ada kesempatan, akan kami bahas lagi di lain waktu.

Bagi Anda yang berminat untuk menanam jenis jambu air diatas, Anda bisa langsung memesannya melalui website kami di samudrabibit.net. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan serta pengetahuan kita ya! Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya dan selamat berkebun.
Blog Post Lainnya
Mau tanya - tanya dulu?
0823-2246-8111
@2014 - 2020 Samudrabibit Inc.