16 Januari 2021 1:20 pm

12 Jenis Tanaman Gantung Paling Cantik & Mempesona Untuk Menghias Rumah Anda

12 Jenis Tanaman Gantung Paling Cantik & Mempesona Untuk Menghias Rumah Anda
Punya halaman rumah yang cantik dan dihiasi dengan bunga penuh warna? Siapa sih yang nggak mau? Selain rumah tampak lebih mempesona, nuansapun juga semakin tampak asri dan alami. Bagi Anda yang memiliki halaman rumah yang luas, maka Anda sangatlah beruntung karena dapat dengan bebas mengkreasikan halaman Anda dengan bunga – bunga favorit Anda.

Namun jika halaman terbatas dan kurang luas, Anda jangan berkecil hati karena Anda tetap bisa menghias rumah dengan tanaman – tanaman gantung yang nggak kalah cantik dengan tanaman hias lainnya. Selain lebih menghemat tempat, menanam tanaman gantung dirumah juga tidak membutuhkan lahan yang luas maupun biaya yang tinggi.
Tanaman gantung rata – rata juga tidak membutuhkan perawatan khusus. Nah dengan menanam tanaman gantung dirumah, suasana pun tentunya juga akan makin indah. Selain itu, beberapa tanaman gantung yang memiliki bunga juga akan mendatangkan kupu – kupu yang lucu sehingga rumah akan tampak lebih hidup dan ceria.

Nah bagi Anda yang ingin memperindah rumah dengan tanaman gantung yang mempesona, berikut adalah beberapa jenis tanaman hias gantung yang merupakan pilihan terbaik, dengan visual tercantik, dan akan membuat rumah makin estetik.

1. Lantana.
Tanaman yang berasal dari benua Amerika ini bisa dijadikan sebagai salah satu tanaman hias gantung karena warna bunganya yang sangat cerah mulai dari kuning, orange, hingga merah jambu. Di habitat aslinya, tanaman ini tumbuh liar dengan cara menjalar ke dinding, pagar, dan pepohonan.

Karena memiliki bunga yang cantik, tentu saja tanaman ini dapat dengan mudah menarik perhatian kupu – kupu untuk bertamu ke rumah Anda. Perawatannya juga sangat mudah loh! Cukup gunting bagian ranting yang menjalar secara teratur dan sirami dengan sedikit air setiap hari maka tanaman ini sudah bisa tumbuh subur dan menghasilkan bunga yang cantik untuk Anda.

2. Petunia.
Sejak zaman dahulu, bunga petunia bisa dibilang sebagai salah satu tanaman hias gantung yang disukai oleh banyak orang. Bagaimana tidak? Bunga petunia dikenal akan menebarkan aroma yang sangat harum dipagi hari. Bahkan aroma bunganya bisa dibilang sebagai aroma yang paling harum jika dibandingkan dengan bunga lainnya.

Nah kabar baiknya adalah iklim di Indonesia cukup stabil sehingga sangat cocok untuk menanam bunga petunia karena bisa bertahan hidup dengan waktu yang lebih lama. Dengan rajin memberinya pupuk dan air, maka bunga petunia akan senantiasa mekar sepanjang tahun.

3. Million Bells.
Million Bells atau dikenal juga dengan nama latin calibrachoa ini ternyata masih berkerabat dekat dengan bunga petunia. Dalam penanamannya, bunga ini tidak membutuhkan perawatan ekstra. Meskipun demikian, namun bunganya yang mempesona tetap akan mekar sehingga akan selalu menghias rumah Anda.

Sama seperti tanaman pada umumnya, tanaman million bells hanya perlu diberi penyiraman, pupuk secukupnya, dan sinar matahari yang cukup. Sedikit tips saja nih, jika Anda menginginkan tanaman ini semakin terlihat cantik sebaiknya gunakan pot bunga gantung berwarna cerah.

4. Fuchsia.
Bagi Anda yang tinggal di daerah yang beriklim sejuk dan lembab, maka bunga fuchsia ini sangat direkomendasikan untuk dijadikan sebagai salah satu koleksi tanaman hias di rumah Anda. Bunganya juga memiliki bentuk yang sangat unik, yakni seperti lonceng dengan warna yang sangat cerah.

Sayangnya, untuk menjaga bunganya agar bisa mekar lebih lama sedikit lebih sulit dibandingkan tanaman hias gantung lainnya. Jika ingin menanam bunga ini, pastikan media tanam jangan sampai terlalu kering dan berikan pupuk secara rutin.

5. Hoya Carnosa Compacta.
Selain dikenal dengan nama hoya carnosa compacta, tanaman ini juga sering disebut dengan tanaman tali hindu karena daunnya yang tebal dan berlilit menyerupai tali. Jenis tanaman ini juga bisa dibilang sangat unik karena memiliki kelopak daun yang melengkung, tebal, dan bertekstur licin seperti lilin. Tak hanya daunnya, bunga dari tanaman ini pun juga tidak kalah unik.

Bunganya berbentuk seperti bintang dengan aroma mirip seperti cokelat. Hoya carnosa compacta sangat mudah ditanam di daerah beriklim tropis seperti di Indonesia dengan temperatur suhu panas dan lembab. Agar pertumbuhannya berjalan lebih maksimal, letakkan tanaman di tempat yang terang dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Selain itu, pastikan media tanamnya agar selalu lembab namun jangan sampai tergenang air.

6. Tradescantia.
Tanaman hias gantung yang selanjutnya adalah tradescantia. Ciri khas dari tanaman ini bisa dilihat pada daunnya yang berwarna ungu serta bunganya yang berwarna biru indigo, pink, dan putih. Perpaduan warnanya tersebut menjadikan bunga ini menjadi salah satu tanaman hias yang sangat cocok untuk dekorasi dengan teman minimalis dan elegan.

Karena identik dengan warna ungu, bunga ini juga dikenal dengan nama “Hati Ungu”. Selain sebagai tanaman hias gantung, tanaman ini juga dikenal sebagai lambang imortalitas atau keabadian karena tanaman ini sanggup bertahan hidup meskipun suhu udara mencapai -7°C. Habitat asli dari tanaman ini terletak pada daerah beriklim tropis sehingga sangat cocok ditanam di Indonesia.

7. Anggrek.
Anda pasti sudah sangat mengenal tanaman anggrek kan? Tanaman hias yang satu ini memiliki banyak jenis dan setiap jenisnya memiliki ciri khas yang berbeda – beda. Bunga anggrek sangat cocok dipadukan dengan berbagai macam jenis pot bunga gantung mulai dari yang berbahan plastik, tanah liat, hingga keramik.

Yang terpenting dalam pemilihan pot adalah pastikan bahwa pot yang digunakan memiliki lubang dibawahnya. Hal ini bertujuan agar air dan udara dapat bersirkulasi dengan lancar sehingga baik untuk akar dan pertumbuhan tanaman.

8. Begonia.
Begonia merupakan tanaman hias yang berasal dari daerah subtropis dan tropis. Saat ini, terdapat dua jenis begonia yang dibagi menjadi tanaman hias bunga dan tanaman hias daun. Pada begonia jenis tanaman hias bunga, warna bunga begonia sangatlah beragam, ada yang kuning, pink, dan putih sehingga sangat cocok dijadikan tanaman gantung.

Sedangkan pada begonia jenis tanaman daun memiliki visual yang tidak kalah cantik dan unik dari bunganya. Begonia jenis tanaman daun memiliki daun dengan warna yang beragam seperti ungu, merah, dan abu – abu. Dalam menanamnya, tanaman ini tidak boleh kelebihan sinar matahari. Untuk mengetahuinya dapat dilihat dari kelopaknya yang berwarna hijau pucat. Jika terjadi, segera pindahkan ke tempat yang teduh.

9. Lili Paris.
Tanaman dengan nama ilmiah Clorophpytum comosum ini bisa dibilang merupakan salah satu jenis tanaman gantung yang sangat populer di dunia karena sifatnya yang mudah beradaptasi di temperatur panas maupun dingin. Selain itu, tanaman yang berasal dari Afrika ini juga memiliki daun dengan kombinasi warna hijau dan putih yang terlihat sangat eksotis.

Daun lili paris tumbuh secara memanjang kebawah sehingga sangat cocok digunakan sebagai dekorasi tanaman gantung yang minimalis. Tak hanya memperindah rumah, tanaman ini juga sangat efektif dalam mengurangi polutan yang ada di ruangan sehingga kualitas udarapun juga akan menjadi lebih baik dan sehat.

10. Sirih Belanda.
Sirih belanda atau dikenal juga dengan nama devil’s ivy ini memiliki keunikan yang terletak pada daunnya yang berwarna kuning ke emasan. Ketika terkena cahanya, tanaman ini akan memberikan kesan dekorasi rumah yang elegan. Pertumbuhannya yang merambat dengan daunnya yang berbentuk hati juga membuat tanaman ini menjadi favorit banyak orang.

Untuk perawatannya, Anda cukup meletakkan ini diruangan yang lembab yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung. Sama seperti lili paris, tanaman ini juga bermanfaat untuk menetralkan udara ruangan dari asap rokok sehingga sangat bermanfaat untuk menjaga kualitas udara ruangan. Karena hal tersebut, tanaman ini juga bisa diletakkan di kamar tidur karena mampu membuat tidur jadi lebih nyenyak.

11. String of Hearts.
Dinamakan String of Hearts larena tanaman ini memiliki daun yang berbentuk hati kecil yang saling terhubung dengan tangkai panjang sehingga mirip seperti sebuah benang yang cantik. Kombinasi warna daunnya yang hijau pucat dan ungu menjadikan tanaman ini sangat cocok untuk menghias rumah dengan nuansa yang minimalis.

Tanaman dengan nama latin Ceropegia woodii ini juga tergolong kedalam jenis tanaman sukulen yang dikenal mudah perawatannya. Tanaman ini juga tidak membutuhkan penyiraman rutin sehingga sangat cocok bagi pemula ataupun bagi Anda yang terlalu sibuk hingga tidak punya waktu untuk merawatnya.

12. Peperomia.
Peperomia merupakan jenis tanaman hias yang berasal dari daerah Amerika Selatan. Di mancanegara, tanaman ini menyimpan simbol yang berarti “semua akan baik baik saja”. Tanaman ini juga dikenal sangat mudah dipelihara serta dapat bertahan lama tanpa kelembaban. Warnanya pun juga sangat beragam dengan motif yang sangat unik serta terlihat cantik.

Peperomia sangat cocok ditanam di pot bunga gantung berukuran kecil yang berwarna putih sehingga terlihat simpel dan minimalis. Tanaman ini bisa Anda pelihara sendiri ataupun diberikan sebagai hadiah yang penuh makna kepada teman dan keluarga.

Nah itulah beberapa jenis tanaman hias gantung paling cantik dan mempesona yang cocok untuk menghias rumah Anda. Meskipun lahan terbatas, bukan berarti kita tidak bisa menaman tanaman hias di rumah. Sebenarnya masih ada banyak lagi jenis tanaman hias gantung yang tidak kalah unik dan cantik namun tidak mungkin jika semua ditulis dalam satu artikel ini.

Jika ada kesempatan, mungkin akan kami rangkum di artikel lain berikutnya. Jika Anda tertarik untuk menanam tanaman hias diatas, Anda bisa memesan bibitnya melalui website kami di samudrabibit.net. Semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan serta bermanfaat bagi kita semua ya! Selamat berkebun dan sampai jumpa lagi di artikel dengan bahasan menarik berikutnya!
Blog Post Lainnya
Mau tanya - tanya dulu?
0823-1087-4445
@2014 - 2020 Samudrabibit Inc.