24 Februari 2021 9:30 am

6 Jenis Mangga Unggul Yang Cocok Ditanam Di Rumah

6 Jenis Mangga Unggul Yang Cocok Ditanam Di Rumah
Semua orang di Indonesia baik anak – anak sampai orang dewasa tentunya sudah pernah mencicipi atau paling tidak mendengar tentang buah mangga. Buah mangga sudah identik memiliki daging berwarna kuning dengan tekstur yang lembut dan menggoda, buah ini sudah sejak lama menjadi salah satu buah favorit di masyarakat.

Buah mangga termasuk salah satu buah paling populer di dunia, salah satu alasannya tak lain adalah karena buah ini sangat mudah ditemukan dimana saja mulai dari pasar tradisional, supermarket, hingga kios buah pinggir jalan pun ada baik Indonesia maupun di mancanegara.
Tanaman Mangga termasuk ke dalam keluarga Mangifera, mangga berasal dari negara India di daerah perbatasan dengan Burma. Bauh mangga telah menyebar dan masuk ke Asia Tenggara sejak 1500 tahun yang lalu. Buah mangga mempunyai nama yang berbeda disetiap daerah di Indonesia seperti seperti poh atau pelem di Jawa.

Buah mangga pada umumnya benbentuk bulat lonjong dan agak gepeng dengan pangkal mengecil, dan kulit bewarna hijau kekuningan. Daging buah mangga bewarna kuning saat sudah matang, biji buahnya lonjong gepeng dengan ukuran yang cukup besar. Tapi ada beberapa jenis mangga yang buahnya sedikit unik dan berbeda dari mangga pada umumnya, baik dari segi bentuk buah higga warna kulit buahnya.

Begitu banyak jenis dan varietas tanaman mangga yang ada di dunia, semua mempunyai keunggulan dan kekurangan masing – masing. Ada yang buahnya jumbo, ada yang rasanya manis, ada yang cepat berbuah, ada juga yang perawatannya mudah. Nah. di kesempatan kali ini Samudrabibit akan memberikan rekomendasi 6 jenis mangga yang sagat cocok untuk ditanam dirumah :

1. Mangga Irwin / Mangga Ungu
Yang pertama adalah mangga irwin atau juga dekenal dengan mangga ungu, sesuai namanya keunggulan mangga ini terletak pada warna buahnya, saat masih muda buahnya memang kelihatan biasa saja namun saat sudah matang kulit buahnya akan berubah warna menjadi ungu. Bukan hanya itu, ternyata mangga irwin juga memiliki citarasa buah yang nikmat, manis dengan sedikit masam namun tetap lezat.

Citarasa yang ditawarkan mangga irwin pun cukut lezat apalagi dipadukan lagi dengan buahnya yang relatif besar menjadikannya makin nikmat disantap. Ukuran 1 buahnya bisa mencapai lebih dari 0,7 kg. Saat buahnya dibelah, Anda akan menjumpai daging buah yang berwarna kuning orange, bertekstur lembut dengan serat yang halus. Ukuran pelog (biji mangga) yang ada di dalamnya juga relatif kecil jadi daging buahnya menjadi lebih tebal.

2. Mangga Mahatir
Mangga mahatir merupakan varietas buah mangga yang berasal dari malaysia dengan kualitas unggul dab banyak dicari masyarakat. Kenapa dikatakan unggul? Alasannya karena mangga ini memiliki ukuran buah yang sangat besar. Bobot buahnya bisa mencapai 3 kg bahkan lebih, sangat jauh jika dibandingkan dengan buah mangga pada umumnya yang hanya mempunyai berat rata – rata 0,3 kg.

Untuk rasanya pun tak kalah hebat, mngga mahatir memiliki citarasa yang sangat manis, tanpa serat dan bertekstur lembut. Selain itu mangga mahatir juga memiliki kandungan air yang cukup banyak, sangat menyegarkan dan cocok jika dikonsumsi pada saat siang hari yang panas. Dengan citarasa buahnya yang lezat, mangga ini juga sangat cocok dikreasikan menjadi berbagai macam olahan kuliner seperti pudding, jus, es buah, dan manisan.

3. Mangga Manalagi
Berbicara mengenai buah mangga tak lengkap rasanya jika tidak membahas tentang mangga manalagi. Mangga manalagi merupakan varietas buah mangga unggul yang sangat disukai oleh semua orang, baik anak – anak maupun orang dewasa. Mangga manalagi termasuk jenis mangga lokal, namun meski begitu mangga yang berasal dari Situbondo, Jawa Timur ini memiliki kualitas dan mutu yang tak kalah dengan mangga import.

Keunggulan dan ciri khas mangga ini adalah daging buahnya yang lebih tebal jika dibandingkan dengan jenis mangga biasa. Dari segi rasa, mangga manalagi menawarkan citarasa buah yang sangat lezat dan manis. Dengan tekstur dang buah yang lembuat dan tanpa serat menambah kelezatan mangga ini saat dinikmati.

4. Mangga Kiojay
Satu lagi varietas mangga jumbo yang tak kalah dengan mangga mahatir. Bagi para pecinta buah mangga pasti sudah sangat akrab dengan mangga yang satu ini. Biasanya, buah mangga hanya berukuran sebesar telapak tangan, ditambah lagi dengan bijinya yang besar tentu saja daging buahnya akan sangat tipis dan sedikit.

Namun, tidak berlaku bagi mangga kiojay karena mangga ini merupakan varietas tanaman mangga unggulan yang terkenal memiliki ukuran buah yang sangat besar. Berat satu buahnya saja bisa mencapai 2 kilogram. Meski ukuran buahnya tak sebesar mangga mahatir, tapi citarasa yang ditawarkan mangga kiojay sangat lezat dan nikmat. Keunggulan lain dari mangga ini adalah memiliki biji (pelog) yang relatif tipis, sehingga membuat daging buahnya menjadi lebih tebal.

5. Mangga Chokanan
Pernahkah kamu mendengar mangga chokanan? Belum pernah? hal itu wajar saja karena bisa dibilang mangga yang satu ini masih sangat langka dan jarang dibudidayakan di Indonesia. Namun bagi Anda para pecinta tanaman buah khususnya buah mangga, pastinya sudah tak asing lagi dengan jenis mangga unggul yang satu ini.

Mangga unggul? Yup, mangga chokanan ini termasuk kedalam jenis mangga unggulan yang berasal dari negara yang dikenal sebagai lumbung padi asia yakni Thailand. Kenapa dibilang nggul? Alasannya tak lain karena mangga ini memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan mangga biasa.

Keunggulan yang paling mencolok dari mangga chokanan adalah warna buahnya yang unik dan cantik. Terlebih lagi sifatnya yang genjah (rajin berbuah) membuat mangga yang satu ini cocok untuk ditanam di rumah.

6. Mangga Alpukat
Saat kita mengkonsumsi buah mangga kita sering kesulitan dalam mengupas kulitnya yang tebal menggunakan jika menggunakan pisau niasa. Hal tersebut mungkin tidak terlalu bermasalah untuk orang dewasa, tapi beda cerita jika anak – anak yang melakukannya. Tentunya sangat berbahaya bukan?

Nah untuk mengatasi masalah tersebut, saat ini sudah hadir varietas baru buah mangga unggul yang bisa dimakan tanpa harus mengupas kulitnya. Namanya adalah mangga alpukat, dinamakan demikian karena cara mengkonsumsinya sangat mirip seperti cara mengkonsumsi buah alpukat, cukup dibelah saja pada bagian tengah lalu dimakan menggunakan sendok. Gampang banget kan.
Nah itulah beberapa varietas tanaman mangga yang cocok untuk ditanam di rumah. Sebenarnya masih banyak jenis mangga unggulan lainnya, namun tidak memungkinkan jika semuanya ditulis dalam satu artikel ini. Jadi jika ada kesempatan, akan kami bahas di lain waktu.

Bagi Anda yang berminat untuk menanam varietas mangga diatas, Bisa langsung memesan bibitnya melalui website resmi kami di samudrabibit.net atau juga bisa menghungi nomer CS kami yang tertera. Semoga dengan artikel ini, bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita! Sampai jumpa di artikel Samudrabibit berikutnya.

Selamat berkebun :)
Blog Post Lainnya
Mau tanya - tanya dulu?
0823-1087-4445
@2014 - 2020 Samudrabibit Inc.