21 Desember 2020 8:32 am

6 Tanaman Bernilai Seni, Kaya Nutrisi & Baik Untuk Dikonsumsi

6 Tanaman Bernilai Seni, Kaya Nutrisi & Baik Untuk Dikonsumsi
Merasa bosan dengan tanaman hias berupa daun dan bunga yang ada di rumah Anda? Selain membosankan, pastinya perawatan yang diberikan juga harus benar benar diperhatikan, salah sedikit saja tanaman bisa layu dan tak dapat dimanfaatkan. Tak ada salahnya jika Anda mencoba beralih ke tanaman hias dari buah buahan untuk menjadikan rumah makin berwarna dan nyaman dipandang.
Dibalik melesatnya minat masyarakat terhadap tanaman hias terutama jenis tanaman hias daun dan bunga, tanaman buah ternyata mampu menjadi jalan tengah atau opsi alternatif untuk dijadikan sebagai hiasan dalam suatu ruangan. Tentu ini akan menjadi solusi bagi Anda yang merasa bosan untuk melakukan perawatan terhadap tanaman bunga dan dedaunan.
Selain itu, tanaman hias buah juga memiliki penampilan fisik yang tak kalah cantik dan menarik dari tanaman hias pada umumnya. Terlebih lagi jika musim panennya telah tiba, beberapa buah yang dihasilkan dari tanaman tersebut sangat memungkinkan untuk dikonsumsi. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan keuntungan ganda dari tanaman sebagai hiasan sekaligus penyedia makanan.
Diantara semua jenis tanaman yang ada, kira kira tanaman apa saja ya yang cocok untuk dijadikan hiasan di dalam ruangan meski tergolong sebagai tumbuhan buah buahan? Yuk simak penjelasannya!
1. Cabai Pelangi
Tanaman dengan penampilan fisik yang indah meski tergolong sebagai tanaman buah yang pertama adalah Cabai Pelangi. Tanaman dengan nama lain Bolivian Rainbow ini terbilang sedikit berbeda dari tanaman cabai pada umumnya, ia mampu menghasilkan buah dengan perubahan warna mulai dari ungu, kuning, oranye, dan juga merah dalam satu pohon.
Hal itulah yang menyebabkan tanaman Cabai Pelangi banyak dicari untuk dijadikan tanaman hias yang bernilai seni. Selain itu, tanaman ini juga sangat cocok untuk ditanam di dalam rumah dan mampu menghasilkan buah secara terus menerus mesti hanya mendapat sinar matahari yang minim. Sedangkan jika dipelihara di luar ruangan, Anda harus meletakkannya di tempat dengan iklim yang hangat agar bisa tumbuh dengan optimal.
Ketika sudah matang, kandungan nutrisi dalam cabai pelangi ini terbilang cukup tinggi seperti betakaroten dan vitamin C yang bahkan lebih banyak daripada semangka, nanas, dan mangga. Pada bagian bijinya terkandung solamargine, solamadine, solanine dan steroid saponin dengan manfaat yang tak kalah penting. Selain itu, Cabai Pelangi juga mengandung mineral seperti fosfordan kalsium yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan tulang.
2. Nanas Mahkota
Tanaman yang kedua adalah Nanas Mahkota, tumbuhan dengan nama latin nanas medusa ini memang dikenal memiliki penampilan fisik yang eksotis namun tetap bercita rasa manis. Kedua faktor inilah yang menyebabkan tanaman Nanas Mahkota memiliki banyak peminat untuk dijadikan sebagai tanaman hias dengan buah yang dapat dikonsumsi.
Tak seperti buah nanas pada umumnya, sekujur buah dari nanas mahkota ini ditumbuhi oleh nanas-nanas berukuran kecil. Nanas nanas kecil tersebut kemudian akan tumbuh lengkap berserta mahkotanya yang juga memiliki ukuran mini atau proporsional. Karena penampilan dari nanas-nanas kecil ini yang menyerupai sebuah mahkotalah nanas jenis ini disebut nanas medusa atau nanasmahkota.
Ketika memasuki usia dewasa, Nanas mahkota mampu menghasilkan buah dengan ukuran yang cukup besar dengan penampilan yang menawan, selian itu nanas mahkota juga dikenal dikenal kaya akan kandungan gizi dengan nilai yang cukup tinggi seperti vitamin C, vitamin B6, vitamin B1, dan folat yang memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh manusia.
3. Zaitun
Tanaman hias selanjutnya ada Zaitun, tanaman dengan nama latin Olea europaea ini merupakan salah satu tanaman hias yang cocok untuk diletakkan di dalam maupun luar ruangan. Jika dilihat secara sekilas, tanaman Zaitun memang tampak seperti tanaman kering, itu dikarenakan oleh pohon Zaitun memiliki daun yang berukuran kecil dan tidak tumbuh secara lebat.
Tanaman Zaitun memiliki karakter batang dan ranting yang berukuran ramping sehingga sangat cocok untuk ditempatkan pada pot berukuran kecil sebagai dekorasi ruangan bernuansa tropis. Ia mampu tumbuh di tempat dengan iklim yang panas maupun dingin asalkan berada pada tanah dengan kualitas dan kondisi yang baik jika diletakkan dalam sebuah pot.
Buah dari tanaman zaitun sendiri merupakan salah satu sumber antioksidan yang sangat baik untuk tubuh diantaranya oleuropein, hydroxytyrosol, tyrosol, asam oleanolic, dan quercetin yang memberikan manfaat pada kesehatan mulai dari memerangi peradangan hingga mengurangi pertumbuhan mikroorganisme. Oleh sebab itu, buah zaitun mampu menyandang sebagai makanan dengan sebutan superfood karena kandungan di dalamnya.
4. Jeruk Nagami
Tanaman hias yang ke-empat adalah Jeruk Nagami, tanaman dengan nama latin Fortunella margarita ini memiliki bentuk tanaman yang cenderung kerdil dengan warna buah yang menarik dan kontras dengan warna daunnya, keunikan inilah yang menyebabkan tanaman ini sedang ramai dicari untuk dijadikan sebagai tanaman hias meski tergolong sebagai tanaman buah.
Jeruk Nagami memang dikenal sebagai spesialis tanaman hias yang tumbuh di dalam pot baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan karena memiliki tinggi yang tidak mencapai 1 meter namun tetap meghasilkan puluhan buah dengan bentuk yang cantik dan mungil. Namun ternyata selain difungsikan sebagai hiasan, Jeruk Nagami juga dapat diolah menjadi berbagai makanan seperti jeli, selai, sirup hingga es krim.
Selain memiliki penampilan fisik yang cantik, Jeruk Nagami juga menyimpan kandungan nutrisi yang bernilai tinggi seperti limonene, alpha-pinene, monoterpen, dan banyak lainnya. Selain itu, di dalam Jeruk Nagami juga terkandung zat lain seperti serat, kalium, kalsium, vitamin C, dan vitamin A yang dapat berperan sebagai antivirus dan antikanker, membantu mencegah penyakit neurodegeneratif, radang sendi, diabetes, dan menghilangkan radikal bebas oksidan dari tubuh.
5. Blackberry
Di urutan kelima adalah buah dari negara kanada, Blackberry! Tanaman dengan nama latin rubus ini adalah saudara dari tanaman blueberry yang berasal dari negara yang sama. Ternyata, selain dikenal dapat meghasilkan buah yang nikmat dan lezat, tanaman blackberry juga memilki penampilan fisik dari pohon yang unik dan cantik sehingga banyak yang menjadikannya sebagai tanaman hias dalam ruangan.
Tanaman blackberry sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias melalui media pot kecil meski tanpa perlakuan yang khusus. Tanaman ini hanya memerlukan media tanaman berupa tanah humus dengan penyiraman air yang dilakukan secara rutin serta terpenuhi kebutuhan akan sinar matahari.
Seperti halnya buah blueberry maupun strawberry, di dalam buah blackberry juga menyimpan kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Selian itu, mengkonsumsi Blackberry juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian, vitamin A, zat besi, magnesium dan kalium, serta serat dengan angka yang cukup tinggi.
6. Anggur
Tanaman hias yang terakhir adalah buah Anggur, tanaman dengan nama latin Vitis vinifera ini memang dikenal memiliki jenis dengan warna, bentuk, ukuran, dan rasa yang berbeda beda. Namun ternyata, dibalik rasanya yang nikmat itu buah anggur dapat juga digunakan sebagai tanaman hias apabila mendapatkan perawatan secara intensif dan tepat.
Siapa sangka, dibalik nikmatnya rasa yang ada pada buah anggur, terdapat keunikan lain berupa penampilan fisiknya yang cantik sehingga cocok digunakan sebagai tanaman hias dalam rumah. Dengan ketentuan suhu ruangan berkisar antara 15 hingga 35 derajat Celsius serta diletakkan pada media pot yang diisi dengan tanah humus dan subur.
Selain memiliki rasa yang nikmat, buah yang dihasilkan dari tanaman Anggur juga memiliki sejumlah kandungan nutrisi yang bernilai tinggi seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B1, B2, zat besi hingga kalsium. Selain itu, buah Anggur juga mengandung antioksidan yang dipercaya mampu menjaga kesehatan tubuh dan menghindarkan dari berbagai penyakit.

Itulah beberapa jenis tanaman yang tak hanya memiliki penampilan dan karakteristik yang unik namun juga menghasilkan buah yang dapat dikonsumsi dan berdampak baik untuk kesehatan diri. Sebenarnya, masih ada sangat banyak tanaman unik yang dapat dikonsumsi lainnya. Namun rasanya tidak mungkin jika semua dibahas sekaligus disini. Jika ada kesempatan lagi, kami akan bahas kembali di lain hari.
Jika Anda berminat untuk mencoba membudidaya tanaman buah hias seperti penjelasan diatas, Anda dapat mengunjugi web kami di SamudraBibit.net
Disitus tersebut Anda dapat menjelajahi, mencari, bahkan membeli bibit tanaman dan perlengkapannya secara online. Bibit yag disediakan merupakan bibit pilihan dengan varietas unggulan dengan harga yang ramah ditangan. Atau jika berkenan, Anda bisa mengunjunginya secara langsung di :
Karanganyar – Solo, Jawa Tengah tepatnya di Dusun Kandangsari, Kwarasan, RT 04/RW 07 Gaum, Tasikmadu 57761. Terima Kasih!
Blog Post Lainnya
Mau tanya - tanya dulu?
0823-2246-8111
@2014 - 2020 Samudrabibit Inc.