7 Januari 2021 8:12 am

8 tanaman herbal berbunga dengan khasiat yang tak terduga

8 tanaman herbal berbunga dengan khasiat yang tak terduga
Pekarangan rumah merupakan salah satu tempat yang ideal dan tepat dimanfaatkan untuk ditanami berbagai jenis tumbuhan hidup, baik itu sebagai tanaman hias, tanaman buah, ataupun tanaman obat. Hasil dari penanaman ini tentunya akan berpengaruh positif terhadap kehidupan kita sehari hari, adanya tanaman di area pekarangan dapat dijadikan sebagai hiasan, pensupply oksigen, dan yang tak kalah pentingnya lagi adalah untuk dikonsumsi.
Mungkin sebagian dari Anda kerap kebingungan, bagaimana cara menentukan tanaman yang tepat untuk dibudidayakan agar mendapatkan hasil yang tak hanya sebagai hiasan namun juga berdampak positif terhadap kelangsungan hidup kita kedepan. Memiliki taman dengan tumbuhan yang dipenuhi bunga bungaan memang akan terasa nyaman untuk dipandang, akan tetapi jika menanam tumbuhan obat sepertinya akan lebih bermanfaat untuk kesehatan.
Kedua sudut pandang tersebut mungkin pernah kita rasakan ketika ingin bertanam. Namun ternyata, dari sekian banyaknya jenis tanaman yang ada di Indonesia, beberapa di antaranya mampu menjawab dan memenuhi keinginan Anda untuk memiliki tanaman yang tak hanya memiliki penampilan fisik yang menawan, namun juga menyimpan sejumlah kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan.
Beruntungnya, negara Indonesia memiliki tanah dengan kualitas yang baik dan subur sehingga memungkinkan sejumlah tanaman untuk hidup dan berkembang di berbagai daerah baik secara liar maupun terawat. Meski pada awalnya sejumlah tanaman tersebut termasuk tanaman liar, namun bila ditanam dan dirawat dengan benar akan menyebabkan tanaman ini memiliki harga jual yang bisa melambung tinggi.
Faktanya, sekarang ini obat obatan kimia memiliki harga yang masih cenderung mahal di pasaran. Oleh sebab itu, melakukan penanaman tanaman herbal secara pribadi adalah opsi terbaik yang dapat Anda lakukan. Beberapa tanaman ini dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin memiliki taman impian dengan hamparan bunga bermekaran yang memiliki dampak baik untuk kesehatan. Yuk, simak penjelasannya!
1. Tapak Dara
Tumbuhan dengan nama latin Catharanthus roseus atau yang kerap dipanggil Tapak dara. Tanaman yang satu ini mungkin masih terdengar asing dan jarang ditemui. Meski begitu, Tapak Dara memiliki penampilan fisik yang indah terutama pada bagian bunganya yang memiliki beberapa vairan warna mulai dari merah, putih, hingga ungu. Sehingga akan sangat cocok apabila dijadikan sebagai tanaman penghias di area pekarangan rumah.
Dibalik penampilannya yang cantik, tanaman Tapak Dara menyimpan beberapa kandungan senyawa yang memiliki banyak khasiat, baik pada bagian batang, daun, akar, maupun bunganya. Bunga tapak dara memiliki ciri khas dengan rasa yang agak pahit namun bersifat mendinginkan serta mampu membersihkan darah yang terkontaminasi oleh racun yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, tapak dara juga banyak dimanfaatkan untuk pengobatan seperti tumor, leukomia, kencing manis, hingga hipertensi.
2. Telang
Meski tumbuhan Telang termasuk dalam kategori tanaman perdu dan kerap dianggap sebagai tanaman liar, tapi saat ini bunga telang telah populer menjadi salah satu tanaman penghias rumah karena memiliki penampilan fisik yang cantik. Bagian kelopak bunganya yang berwarna biru hingga ungu terang dengan semburat putih di dalamnya mampu membuat orang yang melihatnya menjadi terkesima.
Namun, selain digunakan sebagai tanaman hias, hampir seluruh bagian dari tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal karena mengandung senyawa seperti fenol, delphirridin, triglucoside, alkaloid, flavonoid, saponin, sulfur, kaemferol, dan triterperroide. Yang memiliki manfaat dan khasiat untuk meningkatkan daya ingat, meringankan depresi, menyembuhkan luka, mengurangi peradangan, dan menyehatkan jantung.
3. Melati
Tanaman yang satu ini pastinya sudah tak asing lagi dan kerap Anda temui, atau bahkan sudah sering mengkonsumsinya sehari hari. Tak heran jika banyak orang yang menanamnya di area pekarangan rumah sebagai hiasan karena memiliki bunga yang indah berwarna putih. Selain itu, bunga melati juga memiliki ciri khas berupa aroma bunganya yang wangi, sampai sampai kerap dijadikan sebagai bahan campuran dalam pembuatan minuman teh.
Tak cukup sampai disitu, bunga melati juga menyimpan sejumlah kandungan senyawa seperti indole, linalcohol, asetat benzilic, alkohol benzilic, dan jasmon. Yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan diantaranya seperti meringankan hepatitis, mengatasi disentri, mencegah stroke, menyembuhkan flu dan radang pada mata. Selain itu, mengkonsumsi teh melati juga mampu meningkatkan mood Anda dengan seketika.
4. Rosella
Tanaman ini merupakan tanaman berbunga yang kerap dipelihara sebagai tanaman hias karena memiliki bunga yang bisa dibilang unik karena memiliki bentuk dan penampilan fisik yang berbeda dari tanaman lainnya. Namun faktanya, bagian yang kerap disebut sebagai bunga itu sebenarnya adalah kelopak buah, akan tetapi karena memiliki bentuk seperti bunga, banyak orang lebih menyebutnya sebagai bunga rosella.
Selain terlihat cantik untuk dipandang, tanaman bunga berwarna merah ini ternyata manyimpan sejumlah khasiat bagi kesehatan. Tanaman Rosella tak hanya dikenal karena khasiat untuk kesehatannya saja, tetapi juga menjadi buruan berharga bagi sebagian orang pecinta kuliner, khususnya minuman. Tak heran, saat ini banyak orang yang sedang mencari bunga rosella untuk dikonsumsi sebagai teh herbal.
5. Kumis kucing
Seperti nama yang dimilikinya, tanaman dengan nama ilmiah Orthosiphon aristatus atau yang kerap disapa kumis kucing ini memiliki bunga dengan bentuk dan penampilan yang menyerupai kumis kucing sungguhan. Warananya putih bersih yang dimilikinya mampu menghadirkan kesan terang di area taman atau pekarangan rumah Anda.
Manfaat dari tanaman kumis kucing yang paling umum adalah untuk mengobati penyakit yang berhubungan dengan organ ginjal, menyembuhkan diabetes, hipertensi, hingga asam urat. Itu disebabkan karena kandungan senyawa bioaktif yang ada didalamnya seperti rthosiphon, sinensetin, lipophilic, flavonoid, orthosiphol dan rosmarinic acid. Biasanya, daun kumis kucing banyak dimanfaatkan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan teh herbal.
6. Matahari
Tanaman latin dengan nama latin Helianthus annuus L merupakan tumbuhan semusim dan termasuk ke dalam bunga majemuk yang tersusun dari ratusan hingga ribuan bunga kecil pada satu bongkol berwarna kuning cerah. Salah perilaku khas yang dimiliki oleh tanaman ini adalah bagian bunganya yang selalu mekar dan menghadap ke matahari.
Selain digunakan untuk mempercantik rumah, bunga matahari juga memiliki dampak yang baik untuk kesehatan loh. Bagian dari bunga matahari yang paling banyak digunakan adalah bijinya atau biasa kita sebut sebagai kuaci. Didalam biji tersebut terdapat kandungan nutrisi dengan nilai yang cukup tinggi dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, mencegah diabetes, membantu memerangi osteoporosis dan kram otot.
7. Adas
Nama tanaman yang satu ini mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang, namun secara tidak sadar sebenarnya hasil olahan dari tanaman ini kerap digunakan sebagai bahan tamabahan pembuatan minyak telon. Tak heran jika minyak telon pada bayi memiliki aroma yang khas dan tak terganti. Selain sebagai minyak, bunga dari tanaman Adas juga dapat digunakan sebagai campuran olahan kuliner untuk meningkatkan cita rasa pada masakan.
Tanaman Adas memiliki penampilan cantik yang berasal dari bagian bunganya. Pada umumnya, tanaman ini memiliki batang yang memiliki warna hijau serta kelopak bunga berwarna kuning. Bunga yang dihasilkan oleh tanaman Adas memiliki aroma yang sangat harum, itulah mengapa ia menjadi bahan bahan yang tak tergatikan dalam pembuatan minyak telon bayi.
8. Insulin
Tanaman yang terakhir adalah Insulin, tumbuhan dengan nama latin Smallanthus sonchifolius memiliki penampilan yang menyerupai seperti tanaman matahari, bahkan sebagian orang mungkin akan kesulitan untuk membedakan kedua tanaman ini. Keduanya sama sama berwarna kuning, hanya saja tanaman insulin memiliki kelopak bunga yang jauh lebih sedikit dari bunga matahari.
Meski memiliki penampilan yang hampir sama, namun keduanya memiliki khasiat dan manfaat yang berbeda loh. Tanaman insulin memiliki senyawa antioksidan yang berguna untuk melawan radikal bebas serta bersifat antimikroba yang berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah, mencegah penyakit kanker, mengatasi gangguan hati, dan mencegah penyakit kardiovaskular.

Itulah beberapa jenis tanaman herbal yang menghasilkan bunga dan dapat dijadikan sebagai hiasan pada area taman atau pekarangan rumah serta memiliki danpak yang dampak yang baik terhadap kesehatan. Dengan mengkonsumsi obat obatan herbal secara rutin akan membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat dan segar tanpa harus takut terkena efek samping yang berbahaya asal digunakan dalam porsi yang telah ditentukan.
Sebenarnya masih terdapat banyak jenis tanaman berbunga yang dapat dijadikan sebagai obat, namun rasanya tidak akan muat jika semua dicantumkan sekaligus di artikel ini. apabila ada kesempatan di lain hari, mungkin kita akan bertemu kembali.
Apabila Anda berminat untuk mencoba membudidayakan atau sekedar menanam tanaman herbal berbunga seperti yang telah kami sampaikan tadi, Anda dapat mengunjungi website kami di Samudrabibit.net.
Disitus tersebut Anda dapat menjelajahi, mencari, bahkan membeli bibit tanaman dan perlengkapannya secara online. Bibit yang disediakan merupakan bibit pilihan dengan varietas unggulan dengan harga yang ramah ditangan. Atau jika berkenan, Anda bisa mengunjunginya secara langsung di :
Karanganyar – Solo, Jawa Tengah tepatnya di Dusun Kandangsari, Kwarasan, RT 04/RW 07 Gaum, Tasikmadu 57761. Terima Kasih!
Blog Post Lainnya
Mau tanya - tanya dulu?
0823-2246-8111
@2014 - 2020 Samudrabibit Inc.