16 Januari 2021 1:54 pm

Berkebun Di Masa Pandemi, Berawal Dari Hobi Hingga Jadi Rezeki

Berkebun Di Masa Pandemi, Berawal Dari Hobi Hingga Jadi Rezeki
Siapa sangka pandemi CORONA masih berlanjut hingga akhir tahun ini. Selama masa pandemi kita dituntut untuk lebih sering beraktivitas di rumah guna memutus rantai penyebaran virus COVID-19 ini. Begitu banyak yang dirugikan akibat pandemi ini, segala aspek kehidupan pasti terkena dampaknya, terutama untuk para pekerja yang harus rela di PHK. Meski harus di rumah aja, kita harus tetap aktif dan produktif, agar terhindar dari rasa bosan dan jenuh, ada begitu banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan, salah satunya adalah berkebun.


Akibat masa karantina yang berkepanjangan, banyak orang mulai tertarik untuk berkebun di rumah sendiri. Berkebun bisa manjadi hobi baru yang menyenangkan sekaligus bisa menghasilkan. Begitu banyak pilihan yang bisa dipilih dalam berkebun mulai dari rencana jangka pendek sampai jangka panjang pun bisa. Selain itu tanaman yang bisa ditanam pun sangat beragam.

Berkebun tidaklah sulit tapi juga memerlukan ketekunan dalan mengerjakannya. Sebelum Anda mulai berkebun ada beberapa hal harus dipersiapkan terlebih dahulu supaya kegiatan berkebun menjadi lebih mudah dan menyenangkan.


1. SIAPKAN LAHAN
Tidak perlu halaman yang luas untuk bisa berkebun di rumah, lahan sempit pun bukan jadi masalah, tabulampot dan vertikal garden merupakan salah satu solusinya. Pastikan lahan yang akan digunakan mendapat sinar matahari yang cukup supaya tanaman dapat tumbuh dengan optimal.


2. MEDIA TANAM
Bagi yang mempunyai lahan yang luas mungkin hal yang satu ini tidak jadi masalah, namun jika ingin berkebun terutama tabulampot, media tanam adalah hal yang sangat penting. Kecocokan tanaman dangan media tanam akan membuahkan hasil yang lebih maksimal. Jadi pastikan media tanam yang digunakan cocok untuk tanaman yang Anda pilih.


3. PEMILIHAN BIBIT
Setelah menyiapkan lahan dan media tanam, hal yang dilakukan selanjutnya adalah memilih bibit yang tepat. Pastikan memilih bibit dengan kualitas terbaik agar hasil panen maksimal. Bibit dengan kualitas unggulan juga akan mempermudah dalam perawatanmya.


4. BUAT PUPUK SENDIRI
Hal yang tak kalah pentingnya dalam berkebun adalah pemupukan. Untuk hasil yang maksimal mnda bisa membuat pupuk kompos sendiri di rumah atau jika dirasa mengalami kesulitan dalam membuatnya, bisa juga diganti dengan menggunakan pupuk butan pabrik. Namun apabila menggunakan pupuk pabrik lebih disarankan untuk menggunakan pupuk organik yang ramah lingkungan.

Setelah keempat hal diatas sudah dilakukan, kegiatan berkebun akan menjadi lebih mudah dan optimal. Namun saat mau berkebun kadang kita kebingungan saat menentukan tanaman apa yang mau ditanam. Tapi tenang saja, berikut ini kami berikan beberapa rekomendari pilihan dari Samudrabibit.


TANAMAN BUAH

Semua orang pasti suka dengan buah – buahan, selain bisa untuk dikonsumsi sendiri permintaan pasar untuk buah – buahan pun masih cukup banyak, sehingga sangat cocok untuk jadi investasi di masa mendatang. Jika Anda memilih untuk mananam tanaman buah, buah yang bersifat genjah dan cepat berbuah merupakan pilihan terbaik.


1. Mangga
Pohon mangga sangat sering kita jumpai, selain perawatan yang relatif mudah tanaman ini pun mudah dan cepat berbuah. Dengan perawatan yang baik, bahkan tidak sampai 1 tahun sejak penanaman kita sudah bisa memanen buahnya. Wooww cepet banget ya!


2. Jambu Biji
Jambu biji memiliki ukuran pohon yang tinggi dan besar sehingga sering ditanam di lahan yang luas. Namun jangan salah, sekarang jambu biji bisa dijadikan tabulampot loh, meskipun pohonnya jadi lebih kecil namun hal ini tidak mengurangi produktivitas biahnya. Sama halnya dengan mangga, jambu biji juga termasuk tanaman genjah dan cepat berbuah. Untuk bibit yang besaral dari okulasi pohon jambu biji sudah mulai berbuah kurang lebih 6 bulan sejak penanaman.


3. Jeruk
Begitu banyak jenis serta varietas jeruk di dunia, tanaman ini memang sudah sangat terkenal. Harga jual yang relatif mahal serta perawatan yang cukup mudah membuat buah ini sangaat cocok untuk dibudidayakan. Dengan perawatan yang optimal tanaman jeruk sudah berbuah pada umur 5 bulan jika ditanam dalam pot.


SAYURAN

Sayuran merupakan kebutuhan pokok sehari-hari, kurang lengkap rasanya jika makan nasi tapi gak ada sayurnya. Mengingat betapa pentingnya sayuran, menjadikan sayuran sangat cocok untuk dibudidayakan. Saat ini sudah banyak yang mecoba untuk menanam sayuran di rumah sendiri dan hasilnya pun sangat memuaskan. Di masa pandemi ini sayuran sangat cocok untuk mencukupi kebutuhan pangan sendiri, dan sisanya dapat dijual ke tetanga. Sayuran dengan perawan yang mudah adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang masih pemula. Berikut ini diantaranya.


1. Bayam
Sayuran yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi buat kita, yap sayuran yang menandung berjuta manfaat ini seringkali dijadikan pelengkap menu masakan khas Indonesia. Pembudidayaan bayam sangatlah mudah bahkan oleh seorang pemula sekalipun. Selain bisa untuk dikonsumsi sendiri, bayam juga bisa dijual untuk menambah penghasilan Anda.


2. Kangkung
Sayuran dengan rasa yang nikmat favorit sejuta umat, yap itulah kangkung. Kita sering menjumpai olahan kangkung di menu – menu warung makan bahkan sampai restoran. Rasanya yang lezat dengan segudang manfaat membuat sayuran ini sangat digemari masyarakat. Dengan banyaknya konsumsi kangkung di Indonesia, tak heran jika permintaan pasar untuk sayuran ini tak pernah menurun. Oleh karena itu kangkung sangat cocok untuk dibudidayakan. Apalagi di masa pandemi ini, selain untuk olahan pangan sendiri, kangkung juga laku keras dipasaran sehingga bisa menambah penghasilan.


3. Sawi
Salah satu sayuran paling populer di Indonesia adalah Sawi. Sayuran ini bisa di olehan menjadi berbagai masakan yang lezat atau bisa juga sekedar dijadikan pelengkap untuk mie instan dan mie ayam. Selain rasa yang lezat sawi juga mengandung banyak manfaat, kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung didalamnya sangat baik untuk kesehatan. Di masa karantina seperti ini budidaya sawi sangatlah mengutungkan, perawatan yang relatif mudah serta pertumbuahan yang cepat menjadi salah satu alasan mengapa sayuran ini cocok untuk dibudidayakan. Harga jualnya juga sangat menggiurkan karena sayuran ini masih sangat laku di pasaran. Gimana tertatik menanamnya?



Demikian sedikit pembahasan tentang “Berkebun di Masa Pandemi” gimana, tertarik menobanya? Semoga sedikit ilmu barusan dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang kebingungan mencari pekerjaan kerena pandemi COVID-19 ini. Jika anda mengalami kendala atau kesusahan untuk melakukan pembibitan / pembenihan secara mandri, silahkan kunjungi Samudrabibit.net.

Di situs tersebut anda dapat membeli bibit secara online sesuai keinginan anda baik secara eceran maupun grosir. Bibit yang ditawarkan pun merupakan bibit pilihan dengan varietas unggulan dengan harga yang terjangkau. Atau anda bisa membelinya secara langsung dengan berkunjung ke kebun kami yang berlokasi di :

Karanganyar – Solo, Jawa Tengah tepatnya di Dusun Kandangsari, Kwarasan RT 04/RW 07 Gaum, Tasikmadu 57761. Terimakasih dan selamat berkebun 😊
Blog Post Lainnya
Mau tanya - tanya dulu?
0823-2246-8111
@2014 - 2020 Samudrabibit Inc.