27 Februari 2021 8:21 am

Bikin Rumah Jadi Makin Indah, 6 Tanaman Hias Ini Viral Di Tahun 2020.

Bikin Rumah Jadi Makin Indah, 6 Tanaman Hias Ini Viral Di Tahun 2020.
Waktu berlalu begitu cepat, tak terasa kita sudah memasuki tahun baru 2021. Banyak kenangan yang kita lalui di tahun 2020, ada yang manis dan ada yang pahit. Tahun 2020 mungkin menjadi tahun yang sulit untuk semua orang di seluruh dunia, dengan adanya wabah virus corana diawal tahun membuat banyak relosusi ditahun 2020 buyar seketika. Datangnya tahun baru harus kita imbangi dengan semangat baru, yang sudah terjadi ditahun kemarin bisa menjadi pelajaran bagi kita agar menjadi lebih baik kedepannya.

Dimasa pandemi lapangan pekerjaan semakin sulit dicari, meski begitu banyak juga lapangan pekerjaan baru pun mulai bermunculan. Salah satunya adalah budidaya tanaman hias, karena lebih banyak menghabiskan waktu dirumah, sebagian orang mulai mencari hal yang dilakukan dirumah dan menghasilkan, budidaya tanaman hias merupakan salah satu pilihan yang menjanjikan.
Berkat kemajuan teknologi dan media sosial, informasi pun semakin mudah dan cepat. Hobi budidaya tanaman hias pun semakin banyak peminatnya. Jaman dulu tanaman hias mungkin hanya dimiliki sebagian orang saja, namun sekarang tanaman hias sudah menjangkau seluruh kalangan, mulai dari pengusaha, pekerja kantoran, bahkan untuk pelajar sekalipun. Selain untuk dijadikan hiasan ternyata tanaman hias juga mempunyai begitu banyak manfaat. Didaerah perkotaan semakin sulit untuk mencari udara segar, tanaman hias menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut.

Selain untuk hiasan, dengan menanan tanaman di dalam ruangan, udara disekitar pun akan menjadi lebih segar dan menyehatkan. Banyak sekali jenis dan varian tanaman hias di dunia, dari ribuan bahkan jutaan jenis yang ada, tanaman - tanaman ini sempat viral di Indonesia tahun 2020 kemarin. Penasaran apa aja sih? Yuk langsung disimak.

  • Philodendron Micans
Yang pertama tentu saja adalah Philodendron Micans, jika dilihat sekilas tanaman ini nampak seperti daun sirih karena sama – sama tumbuh merambat. Untuk penempatan tamanan ini, akan terlihat lebih indah jika ditanam dalam pot gantung. Untuk perawatan Philodendron Micans sendiri tidaklah sulit, cukup pastikan tanaman mendapat sinar matahari yang cukup serta lakukan penyiraman secara rutin agar tamanan tidak kekurangan air.

  • Monstera (Janda Bolong)
Tanaman monstera atau lebih terkenal dengan nama janda bolong, pada tahun 2020 yang lalu tanaman ini sempat viral dan banyak dicari oleh para penggemar tanaman hias di Indonesia. Alasannya tentu saja karena bentuknya yang unik dan indah, sangat cocok untuk menghiasi rumah baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Selain itu harga jual tanaman inipun lumayan mahal, sangat menguntungkan untuk dijadikan peluang bisnis saat masa pandemi seperti sekarang ini.

Jika Anda mau mencoba nenaman tanaman monstera ini, terpadat beragam pilihan yang tersedia mengingat jenis dan varietas monstera yang lumayan banyak. Mulai dari yang berukuran kecil sampai yang raksasa semuanya ada, tingaal pilih mana yang sesuai selera. Perawatannya pun cukup udah, karena tanaman ini merupakan jenis tanaman indoor. Monstera tidak terlalu mumbutuhkan sinar matahari terlalu sering, cukup sesekali saja. Untuk penyiramannya juga sangat mudah, cukup pastikan tamanan tidak kekuangan air saja sudah cukup.

  • Aglonema (Sri Rejeki)
Di Indonesia tanaman ini lebih dikenal dengan nama sri rejeki, merupakan jenis daun – daunan yang cukup populer dikalangan pecinta tanaman hias bahkan sejak jaman dulu. Tanaman ini mempunyai warna daun yang untuk dan beragam, ada yang bewarna merah, putih, hijau, bahkan campuran dari ketiganya. Wow keren banget kan.

Tapi bukan hanya itu keunggulan tanaman ini, alasan lain kenapa tanaman ini sangat populer adalah karena sifatnya yang sangat adaktif dan dapat tumbuh disegala kondisi. Perawatannya pun sangat mudah karena tidak memerlukan peraawatan khusus. Seperti tanaman hias pada umumnya, cukup pastikan tanaman tidak kekurangan cahaya matahari dan lakukan penyiraman secara rutin untuk menjaga kelembaban media tanam.

  • Sansevieria (Lidah Mertua)
Sansevieria mungkin sudah tak asing lagi ditelinga kita, turutama untuk para pecinta tanaman hias. Tanaman yang memiliki nama lain lidah mertua ini sangat populer karena bentuknya yang cantik dan unik. Dengan bentuk daun yang panjang dan tumbuh lurus keatas membuat tanaman ini sangat sedap dipandang mata. Terlebih lagi tekstur daunnya yang elastis dan tidak mudah patah membuatnya mudah dibentuk sesuai dengan keinginan kita.

Selain itu tanaman sansevieria terkenal memiliki daya tahan yang tinggi, bahkan dikondisi ekstrim sekalipun tanaman ini dapat tumbuh dengan baik. Karena daya tahannya yang tinggi, perawatan tanaman ini menjadi sangat mudah tanpa perlu perawatan khusus. Tenpatkan tanaman di tempat dengan intensitas cahaya matahari yang cukup, lakukan penyiraman 2 hari sekali disesuaikan dengan kondisi media tanam. Dengan perawatan yang sangat mudah tanaman sansevieria ini udah bisa menghiasi dan mepercntik pekarangan rumah maupun ruang tamu Anda. Tertarik menanamnya?

  • Crocodile Fern
Bagi sebagin orang nama tanaman ini mungkin masih terdengar asing, namun bagi paa pecinta tanaman hias tertunya sudah sangat akrap dengan tanaman yang satu ini. Crocodile fern memiliki keunikan dibagian daunnya, tekstur daunnya sekilas sangat mirip dengan tekstur kulit pada aligator (buaya). Bentuk daunnya panjang dan menggelombang dengan warna hijau yang membuat mata menjadi segar setiap memandangnya.

Tanaman ini sangat cocok untuk dijadikan tanaman indoor, karena selain mempercantik rungan tanaman ini juga bisa untuk menyegarkan udara sekitar. Perawatan tanaman crocodile fern inipun relatif mudah, tidak perlu perawatan khusus. Cukup keluarkan sesekali untuk mendapat sinar matahari, untuk penyiraman cukup pastikan tanaman mendapat pasokan air yang cukup dan tidak kekeringan.

  • Hoya
Satu lagi jenis tanaman rambat yang lagi viral di tahun 2020 lalu. Karena sifatnya yang merambat tamanan ini sangat mudah dibentuk dan terlihat sangat estetik. Jika tanaman diatas hanya berupa daun – daunan, tanaman hoya ini satu – satunya yang memiliki bunga dalam daftar ini. Buntuk bunga tanaman hoya inipun juga sangat unik, ukuran bunganya kecil dan tumbuh bergerombol seakan membentuk sebuah bola.

Bukan hanya bentuknya yang unik, warna bunganya pun terbilang unik. Bunga hoya biasanya bewarna putik dengan sedikit variasi putih dibagian pucuk bunganya. Perawatan tanaman ini juga relatif mudah seperti tanaman hias pada umumnya. Jika ingin hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan kawat untuk membentuk rambatannya sesuai dengan keinginan.
Sekian sedikit pembahasan tentang 6 tanaman hias yang viral di tahun 2020 lalu, tertarik menanamnya dirumah? Kalau iya kira – kira mau yang mana nih?. Jika Anda masih bingung untuk memilihnya, bisa kami bantu dengan menghubungi CS kami di nomer 0823-1087-4445 atau langsung saja kunjungi website resmi kami di www.samudrabibit.net untuk melihat tips – tips lainya seputar tanaman. Anda juga bisa mengunjungi langsung kebun kami yang beralamat di Gaum, Tasikmadu, Karanganyar – Solo, Jawa Tengah untuk mendapatkan beragam bibit tanaman yang unggul dan berkualitas.

Terima kasih dan selamat berkebun :)
Blog Post Lainnya
Mau tanya - tanya dulu?
0823-1087-4445
@2014 - 2020 Samudrabibit Inc.