21 Januari 2020 9:20 am

12 Jenis Buah Unik dan Langka yang Wajib Anda Coba

12 Jenis Buah Unik dan Langka yang Wajib Anda Coba
Indonesia merupakan negara tropis yang kaya akan keberagaman tanaman buahnya. Di negara ini terdapat berbagai macam jenis buah seperti buah pisang, durian, apel, manggis, alpukat, jeruk, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain itu, Indonesia juga berada di garis khatulistiwa sehingga membuatnya menjadi negara yang subur. Hal tersebut juga menjadikan Indonesia sebagai negara penghasil kebutuhan pangan yang produktif terutama pada sektor buah – buahan. Jenis buah yang ada di indonesia sangatlah beragam, tercatat ada lebih dari 150 jenis buah – buahan yang tersebar dari Sabang hingga Merauke.

Ada yang sangat mudah kita temukan di disekitar kita, dan ada juga yang langka sehingga sulit untuk dijumpai. Bahkan saking banyaknya, pasti selalu ada jenis buah yang baru saja kita kenal. Sebagai orang Indonesia, kita semestinya patut berbangga akan hal ini. Nah dari sekian banyaknya jenis buah – buahan tersebut, ternyata ada loh buah – buahan dengan bentuk unik dan langka yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya.

Bagaimana? Semakin penasaran tentang jenis buah apa saja yang unik dan langka ini? Berikut Tim Samudrabibit telah merangkumnya dalam “12 Jenis Buah Unik dan Langka yang Wajib Anda Coba".

1. Jeruk Dekopon.
Buah unik dan langka yang pertama berasal dari family Rutaceae yakni jeruk dekopon. Jeruk dekopon adalah varietas jeruk yang berasal dari negeri sakura, Jepang. Jeruk yang satu ini bisa dibilang masih baru di Indonesia sehingga belum banyak yang menanamnya. Sejak pertama kali masuk ke Indonesia, jeruk dekopon diprediksi akan menjadi primadona baru dengan beragam keunikannya.

Seperti yang Anda bisa lihat, bentuk dari jeruk dekopon ini sangatlah khas dan berbeda dengan jenis jeruk pada umumnya. Buah jeruk ini berbentuk bulat menggelembung, berwarna oranye cerah jika sudah matang, permukaan buahnya bergerindil dengan pangkal buah yang sedikit menonjol. Jika diperhatikan, buah jeruk dekopon terlihat sangat mirip seperti sarung tinju berukuran mini.

Selain bentuknya, jeruk ini juga memiliki citarasa yang sangat manis dan menyegarkan, belum lagi ditambah dengan bulir – bulir jeruknya yang tebal, renyah, dan beraroma harum. Pokoknya dijamin mantep deh. Nah hebatnya lagi, ternyata di dalam buahnya hampir tidak terdapat biji loh. Jikapun Ada pasti bisa dihitung dengan jari.

2. Jeruk Jari Budha.
Nah buah yang kedua berasal dari family Rutaceae juga nih, namanya adalah jeruk jari budha. Wihh namanya keren bukan? Jika jeruk dekopon tadi berasal dari jepang, jeruk jari budha ini berasal dari negeri tirai bambu, China. Jeruk jenis ini memiliki karakteristik yang sangat unik dan cukup menarik perhatian.

Meskipun kurang terkenal di Indonesia, namun dinegara asalnya jeruk ini mampu menjadi primadona karena keunikannya. Jika diperhatikan, jeruk jari budha memiliki bentuk yang sangat unik dan berbeda dengan buah jeruk pada umumnya. Seperti nama yang disandangnya, jeruk jari budha ini memiliki buah yang berbentuk memanjang seperti jari – jari tangan.

Untuk rasanya, buah yang juga sering disebut dengan nama jeruk kuku macan ini menawarkan citarasa buah yang manis, dipadukan dengan sedikit rasa masam yang khas dan menyegarkan. Bentuknya yang unik dan citarasanya yang lezat membuat jeruk jari budha sering dijadikan sebagai tanaman buah sekaligus tanaman hias untuk mempercantik halaman rumah.

3. Sawo Mentimun.
Buah jeruk sudah nih, selanjutnya ada varietas unggulan dari buah sawo yang tidak mau kalah dengan kedua jenis buah sebelumnya. Perkenalkan sawo mentimun namanya. Nah mungkin banyak dari Anda bertanya – tanya, “apa saja sih keunggulan dan keunikan dari sawo mentimun ini?” Apa masih perlu dijawab nih?

Hanya dengan mendengar namanya saja, Anda seharusnya sudah tahu apa saja keungguluan dari sawo ini. Yaps tepat sekali, seperti namanya sawo mentimun memiliki bentuk yang unik, yakni oval memanjang dan terlihat seperti mentimun. Hal ini tentunya berbeda 180 derajat jika dibandingkan dengan buah sawo biasa yang hanya berbentuk bulat.

Tak hanya itu, sawo mentimun juga memiliki ukuran yang cukup besar dengan daging buah yang tebal sehingga lebih memuaskan saat disantap. Meskipun bentuknya mirip mentimun, tapi jangan berifikir kalau rasa dari sawo ini mirip seperti mentimun. Citarasa yang ditawarkan sawo mentimun sangatlah manis, dan legit, belum lagi ditambah dengan aromanya yang harum. Dijamin maknyuss deh!!!

4. Nanas Medusa.
Buah yang selanjutnya adalah buah yang sering kita jumpai kalau sedang berkunjung ke pasar atau ke toko buah yakni buah nanas. Tapi kali ini bukan nanas yang biasa kita makan sehari – hari. Admin Samudrabibit berani jamin bahwa banyak dari Anda yang belum pernah mendengar atau bahkan mencicipi buah nanas yang satu ini. Kita sambut nanas medusa namanya.

Namanya cukup serem ya? Nah nama dari nanas ini memang diambil dari sesosok mahkluk mitologi dari Yunani yang berwujud wanita cantik namun berambut ular, yakni medusa. Meskipun sedikit menyeramkan, namun nanas medusa tidak seseram itu kok. Bahkan nanas ini cenderung memiliki bentuk yang unik dan cantik.

Seperti nanas pada umumnya, buah nanas jenis ini juga memiliki buah utama yang berbentuk bulat lonjong. Tapi pada permukaan buah utamanya kembali menghasilkan buah nanas yang berukuran mini dan berbentuk memanjang. Citarasa yang ditawarkan nanas ini juga sangatlah manis dan lezat, dipadukan dengan daging buahnya yang renyah, beraroma harum, dan banyak mengandung air.

5. Alpukat Tanpa Biji.
Siapa yang tidak suka dengan buah alpukat? Hampir semua orang Indonesia pastinya suka dengan buah hijau berbentuk lonjong yang satu ini. Namun saat mengonsumsi buah alpukat biasanya kita dibuat kurang puas karena terdapat biji yang berukuran cukup besar di dalamnya. Sehingga daging buahnya juga menjadi lebih sedikit. Trus yang mau dimakan apanya dong?

Nah untuk mengatasi hal tersebut, ternyata kini sudah ada loh varietas unggulan dari buah alpukat yang memiliki nama alpukat tanpa biji. Anda langsung tahu kan? Apa saja keunggulan dari alpukat ini? Yaps tepat sekali, keunggulan utama dari alpukat ini terletak pada buahnya yang tidak memiliki biji sama sekali. Dengan begini, Anda bisa lebih puas saat menyantap buahnya.

Bagian yang seharusnya di isi dengan biji diganti oleh daging buah yang tebal, padat, sedikit manis, gurih, dan bertekstur lembut layaknya mentega. Nah daging buah alpukat tanpa biji ini selain dapat dikonsumsi langsung juga dapat diolah menjadi jus, campuran pudding, dan smoothies.

6. Cabai Pelangi.
Cabai itu buah atau sayur sih? Mungkin pertanyaan tersebut masih banyak diperdebatkan oleh banyak orang hingga saat ini. Tapi sebaiknya kita lupakan sajalah, tidak ada manfaatnya juga kan? Hehe. Berbicara mengenai cabai, ternyata ada loh varietas cabai unggulan yang memiliki penampilan unik, eksotis, dan tentunya berbeda dengan jenis cabai lainnya.

Namanya adalah cabai pelangi. “Cabai pelangi?” Iya cabai pelangi, Anda tidak salah dengar kok. JIka cabai pada umumnya hanya berwarna hijau, merah, atau kuning, cabai pelangi ini memiliki warna yang beraneka ragam yakni merah, putih, kuning, hijau, oranye, bahkan hingga ungu. Nah hebatnya lagi, semua warna tersebut dapat Anda jumpai dalam satu pohon! Keren bukan?

Keberagaman warna tersebut membuat cabai ini terlihat berwarna – warni layaknya sebuah pelangi. Perbedaan warna ini dipengaruhi dengan tingkat kematangan cabai. Sejak baru muncul hingga matang cabai ini warnanya akan terus berubah – ubah. Hal ini membuat cabai pelangi kerap ditanam sebagai tanaman hias karena dapat menambah nilai estetika di halaman rumah.

7. Miracle Fruit.
Nah buah unik yang ketujuh adalah miracle fruit. Nama buah ini mungkin masih terdengar asing ditelinga kita karena memang buah ini tidak sepopuler 6 buah – buahan diatas. Bagi Anda yang jago bahasa inggris, pasti menemukan sedikit keunikan pada namanya. Yaps, nama buah ini berasal dari bahasa ingris yang apabila diterjemahkan ke bahasa Indonesia memiliki arti “Buah Ajaib”.

Pemberian nama ini ternyata bukan asal – asalan loh, karena pada faktanya buah ini memang memiliki keajaiban serta keunikan yang tidak akan Anda jumpai pada buah – buahan lain. Miracle fruit ini memiliki kemampuan untuk mengubah indra perasa. Sesudah memakan buah ini, semua makanan yang rasanya manis, asin, hingga pahit akan diubah menjadi manis.

Efek perubahan rasa ini disebabkan oleh kandungan miraculin (zat pemanis pengganti gula) yang ada di dalam buahnya. Rasa asli dari buah ini sebenarnya tidak terlalu manis karena hanya memiliki kandungan gula yang rendah. Hal ini membuat miracle furit sering dimanfaatkan oleh orang yang sedang diet gula agar tetap dapat merasakan rasa manis tanpa harus takut kadar gula dalam darah akan meningkat.

8. Feijoa (Jambu Rasa Nanas).
Buah – buahan unik yang selanjutnya adalah feijoa. Pernah mendengar nama buah ini? Pasti banyak yang belum kan? Namun ketika Anda melihat fotonya, pikiran Anda pasti langsung tertuju pada buah jambu biji. Yaps, feijoa merupakan salah satu jenis jambu biji yang memiliki keunikan tersendiri dan berbeda jenis buah lainnya.

Meskipun termasuk kedalam jenis jambu biji, namun rasa yang ditawarkan oleh buah yang berasal dari negara Brazil ini cenderung mirip seperti buah nanas, yakni manis asam dan menyegarkan. Bahkan tak hanya rasanya, aroma dari buah feijoa ini juga sangat mirip seperti buah nanas. Ketika dibelah, Anda akan menjumpai daging buah yang mirip seperti jambu biji dengan motif berlekuk seperti bunga.

Di dalam lekukan tersebut, terdapat biji – biji kecil lunak berwarna putih. Nah bagian yang bermotif ini merupakan bagian yang paling nikmat disantap karena memiliki tekstur yang kenyal dan juicy, mirip seperti jelly. Cara mengonsumsi buah ini sangatlah mudah, yakni cukup potong secara melintang lalu kerok daging buahnya menggunakan sendok.

9. Mangga Irwin/Mangga Ungu.
Buah mangga? Hmm nama buah yang satu ini tentunya sudah sangat akrab ditelinga kita. Buah berbentuk lonjong dengan kulit berwarna hijau ini memang sangat populer di Indonesia. Bahkan banyak orang yang menjadikan buah mangga sebagai buah favorit mereka. Hebat bukan?

Nah buah mangga biasanya memiliki kulit yang berwarna hijau atau kuning. Tapi pernahkah Anda melihat buah mangga yang dengan warna kulit berbeda? Pasti belum kan? Namanya adalah mangga irwin atau juga sering disebut dengan mangga ungu. Seperti namanya, mangga ini memiliki buah dengan kulit yang terlihat sangat cantik dan eksotis, yakni berwarna ungu.

Tak hanya itu, mangga irwin ini juga menawarkan citarasa yang sangat manis, dan lezat, dengan sedikit rasa masam namun tetap memanjakan lidah. Nah hebatnya lagi, mangga ini juga berukuran cukup besar. Berat satu buahnya bisa mencapai sekitar 0, 7 kg. Di Indonesia belum banyak yang memiliki mangga ini sehingga wajar saja jika mangga ini bisa dibilang masih cukup langka.

10. Durian Pelangi.
Yang kesepuluh berasal dari varietas rajanya buah – buahan, yakni buah durian. Buah durian yang ada saat ini ada berbagai macam jenis dan salah satunya yang unik adalah durian pelangi. Seperti namanya, durian pelangi ini memiliki daging buah dengan 4 warna sekaligus yakni kuning, merah, putih, dan cokelat yang berpadu menjadi satu sehingga terlihat sangat cantik seperti pelangi.

Perbedaan warna ini dikarenakan tanaman durian pelangi merupakan hasil persilangan dari 3 jenis tanaman durian unggulan sekaligus, yakni durian merah, durian putih, dan durian kuning. Persilangan tersebut melahirkan varietas durian pelangi dengan mutu dan kualitas yang mampu bersaing dengan durian import.

Selain cantik, durian ini juga menawarkan citarasa buah yang sangat manis dan legit, belum lagi ditambah dengan tekstur daging buahnya yang padat dan beraroma harum. Mantep banget deh pokoknya. Nah hebatnya lagi, durian pelangi ternyata merupakan jenis durian asli dari tanah air loh, yakni berasal dari Irian Jaya.

11. Anggur Jaboticaba.
Anggur jaboticaba merupakan salah satu jenis buah anggur unggulan yang berasal dari brazil. Meskipun namanya anggur, namun Anggur ini dikenal memiliki karakteristik yang jauh berbeda dengan jenis anggur pada umumnya. Salah satu perbedaannya terletak pada buahnya, jika buah anggur pada umumnya muncul secara bergerombol dalam sebuah tandan, anggur jaboticaba justru muncul dengan menempel pada batangnya.

Buahnya berbentuk bulat, berkulit tipis, berwarna hijau saat masih muda dan akan berubah menjadi kehitaman saat sudah matang. Nah untuk rasanya, anggur jaboticaba ini memiliki citarasa yang unik yakni perpaduan antara rasa buah alpukat, buah anggur, dan buah leci. Kandungan airnya yang melimpah juga semakin menambah rasa segar saat menyantapnya.

Perbedaan lain terletak pada pohonnya dimana pohon anggur jaboticaba ini tumbuh tegak layaknya pohon mangga. Ukurannya pun juga cukup besar, yakni bisa tumbuh hingga mencapai sekitar 4 meter dengan percabangan yang banyak dan tajuk yang cukup rimbun. Daunnya berukuran kecil. berwarna hijau mengkilat, dan terlihat cukup cantik.

12. Jambu Air Nasi – Nasi.
Nah buah unik yang terakhir datang dari keluarga jambu air, namanya adalah jambu air nasi – nasi. Jambu air nasi – nasi adalah salah satu varietas jambu air dan merupakan buah asli dari Indonesia. Dinamakan jambu air nasi – nasi karena jambu ini memiliki ukuran buah yang kecil – kecil, muncul secara bergerombol, dan berwarna putih seperti nasi.

Jika diperhatikan, tanaman jambu air nasi – nasi memiliki penampilan yang sangat eksotis apalagi jika sudah berbuah. Hal tersebut membuat banyak orang tertarik untuk meminang tanaman jambu yang banyak ditemukan di pulau Sumatera dan Kalimantan ini. Selain dapat dijadikan sebagai tanaman hias, buah jambu yang satu ini juga bisa dikonsumsi loh!!!

Untuk rasanya dijamin mantep deh. Ketika dikunyah, Anda akan dimanjakan dengan citarasa buahnya yang sangat manis tanpa adanya rasa sepat sedikitpun. Citarasanya yang mantap ini masih ditambah lagi dengan tekstur daging buahnya yang renyah. Sama seperti buah jambu air pada umumnya, jambu air nasi – nasi juga memiliki kandungan air yang melimpah.

Nah, sampai disini dulu artikel yang membahas tentang “12 Jenis Buah Unik dan Langka yang Wajib Anda Coba”. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta dapat membantu Anda dalam memilih tanaman unik yang ingin Anda tanam.

Untuk mendapatkan bibit tanaman unik dan langka tersebut, Anda bisa memesannya melalui website kami di www.samudrabibit.net atau langsung berkunjung ke kebun kami yang beralamat di Dusun Kandangsari Kwarasan RT 04 RW 07 Gaum, Tasikmadu, Karanganyar – Solo, Jawa Tengah 57761.
Blog Post Lainnya
Mau tanya - tanya dulu?
0823-2246-8111
@2014 - 2020 Samudrabibit Inc.