3 Maret 2020 2:06 pm

8 Jenis Kelengkeng Unggul Terlezat dan Terpopuler di Indonesia

8 Jenis Kelengkeng Unggul Terlezat dan Terpopuler di Indonesia
Buah kelengkeng? Siapa sih yang tidak mengenal buah ini? Semua orang di dunia, pastinya sudah sangat akrab dengan buah yang identik dengan bentuk bulat dengan daging berwarna putih ini. Buah kelengkeng saat ini memang sudah menjadi salah satu jenis buah favorit masyarakat. Hal ini dikarenakan selain lezat, harga buah kelengkeng di pasaran bisa dikatakan cukup terjangkau.

Tak heran jika banyak masyarakat yang memburu buah ini terutama ketika musim panennya telah tiba. Citarasanya yang manis dipadukan dengan daging buahnya yang renyah membuat buah kelengkeng sangat cocok disantap sebagai buah segar. Selain itu, tak jarang juga buah kelengkeng ini dijadikan sebagai campuran es buah. Hmm pasti sangat nikmat dan menyegarkan.
Tanaman dengan nama ilmiah Dimocarpus Longan ini merupakan salah satu jenis tanaman buah yang berasal dari Asia Tenggara. Buahnya berbentuk bulat, ukurannya kurang lebih sebesar kelereng, kulit buahnya rata – rata berwarna cokelat muda, permukaan kulitnya sedikit berbintil – bintil dan muncul secara bergerombol pada sebuah tandan.

Ketika kulitnya dibuka, Anda akan menjumpai daging buah yang berwarna putih bersih, beraroma harum, bertekstur renyah, dan banyak mengandung air dengan citarasa yang sangat manis. Di bagian tengah – tengah buahnya, terdapat satu biji berbentuk bulat, cukup keras, dan berwarna hitam. Biji ini dapat digunakan untuk perbanyakan secara vegetatif.
Dengan segala keistimewaannya, wajar saja jika saat ini banyak masyarakat yang mulai membudidayakan tanaman kelengkeng. Baik dibudidayakan secara besar – besaran sebagai sebuah bisnis maupun dibudidayakan di pekarangan rumah sebagai hobby. Bagaimana? Semakin tertarik untuk menanam tanaman kelengkeng?

Eitsss tunggu dulu, ternyata jenis buah kelengkeng yang ada saat ini sangatlah beragam. Tentu saja masing – masing memiliki kekurangan dan keunggulannya masing – masing. Nah untuk mempermudah Anda dalam memilih tanaman kelengkeng untuk dibudidayakan, berikut sudah kami rangkum dalam “8 Jenis Kelengkeng Unggul Terlezat dan Terpopuler di Indonesia”.

1. Kelengkeng Matalada (Kelengkeng Hawae).
Kelengkeng unggul yang pertama adalah kelengkeng matalada atau sering juga disebut dengan kelengkeng Hawae. Kelengkeng yang satu ini merupakan salah satu jenis kelengkeng unggulan yang sangat cocok ditanam di dataran rendah, dibawah 700 mdpl. Keunggulan utama dari kelengkeng ini terletak pada ukuran buahnya yang lebih besar daripada kelengkeng lain.

Selain itu, ukuran biji yang ada di dalamnya juga relatif kecil, yakni hanya sebesar biji lada sehingga daging buahnya juga menjadi lebih tebal. Dengan begini, Anda dijamin bisa lebih puas saat menyantap buahnya. Untuk rasanya tidak perlu diragukan deh!!! Kelengkeng matalada menawarkan citarasa buah yang sangat manis dan lezat dengan kandungan air yang melimpah.

Hebatnya lagi, kelengkeng ini dikenal bersifat bersifat genjah (mudah berbuah) yakni hanya membutuhkan waktu 1 – 2 tahun saja jika bibit berasal dari perbanyakan generatif (cangkok/okulasi). Bagi Anda yang tidak punya lahan cukup, bibit kelengkeng matalada juga sangat cocok ditanam sebagai tabulampot (tanaman buah dalam pot).

2. Kelengkeng New Kristal.
Kelengkeng unggul yang selanjutnya berasal dari negara tetangga nih yakni dari negeri jiran, Malaysia. Perkenalkan kelengkeng new kristal namanya. Kelengkeng yang satu ini menjadi sangat terkenal karena memiliki tingkat produktivitas buah yang cukup tinggi. Berat satu dompol/tandan buahnya saja bisa mencapai 3 – 4 kilogram. Mantap bukan?

Keunggulan lain dari kelengkeng new kristal terletak pada daging buahnya yang tebal, kenyal, dan sedikit mengandung air sehingga tidak lengket saat dipegang. Selain itu, ukuran biji yang ada didalamnya juga relatif kecil sehingga Anda bisa lebih puas saat menyantapnya. Untuk rasanya, kelengkeng ini menawarkan sensasi rasa buah yang sangat manis dan lezat.

Kelengkeng new kristal sendiri merupakan jenis kelengkeng modern. Artinya dalam satu pohon sudah terdapat bunga jantan dan bunga betina. Sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi jika bibit yang Anda tanam tidak bisa berbuah. Mengingat buah yang dihasilkan cukup banyak, disarankan supaya tandan buahnya ditopang menggunakan kayu atau bambu supaya tidak patah.

3. Kelengkeng Itoh.
Setelah membahas kelengkeng dari Malaysia, kita melipir sedikit dulu nih ke Thailand. Negara Thailand memang dikenal sebagai penghasil tanaman buah unggulan dengan kualitas yang mampu bersaing dengan tanaman buah dari negara lain. Di negeri gajah putih ini, terdapat beberapa varietas buah kelengkeng yang sudah dikenal di mata dunia.

Nah salah satunya adalah kelengkeng itoh. Penasaran tentang apa saja keunggulan dari kelengkeng ini? Keunggulan utama kelengkeng itoh terletak pada daya tahan buahnya yang sangat tinggi sehingga dapat disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama dan sangat memungkinkan untuk didistribusikan ke tempat – tempat yang lebih jauh.

Ketika kulitnya dibuka, Anda akan disambut dengan daging buah yang tebal, bertekstur lembut, sedikit kering, dan berbiji kecil. Selain itu, citarasa yang ditawarkan juga sangat manis. Segudang keunggulan yang ada pada kelengkeng ini dikarenakan kelengkeng itoh sendiri merupakan hasil persilangan antara kelengkeng puangray dengan kelengkeng diamond river yang sudah terbukti kualitasnya.

4. Kelengkeng Diamond River.
Nah ini nih varietas indukan yang digunakan untuk persilangan kelengkeng itoh, yakni kelengkeng diamond river. Sama seperti kelengkeng itoh, kelengkeng diamond river juga merupakan kelengkeng unggulan yang berasal dari Thailand. Sejak awal kemunculannya, kelengkeng ini langsung menjadi primadona masyarakat dikarenakan kualitasnya yang jempolan.

Kepopuleran kelengkeng diamond river dikarenakan sifatnya yang genjah (cepat berbuah) yakni hanya sekitar 1 tahun saja. Hebat kan? Tak hanya cepat berbuah, citarasa yang ditawarkan kelengkeng ini juga sangat manis dengan tekstur daging buah yang renyah dan beraroma khas. Selain itu, kandungan airnya juga melimpah sehingga akan sangat menyegarkan saat disantap walaupun sedikit lengket ditangan.

Pohon kelengkeng diamond river ini juga dikenal memiliki tajuk yang rimbun. Jadi sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman peneduh di halaman rumah sehingga udara akan terasa lebih sejuk. Selain bisa ditanam langsung ditanah, kelengkeng ini juga bisa ditanam di dalam pot sehingga lebih menghemat tempat.

5. Kelengkeng Pingpong.
Bosan dengan buah kelengkeng yang ukurannya hanya sebesar itu – itu saja? Kalau iya, maka Anda wajib mencoba kelengkeng pingpong. “Kenapa dinamakan kelengkeng pingpong? Apakah bisa digunakan untuk bermain pingpong?” Yang jelas tidak dong, ada ada saja hehe. Dinamakan kelengkeng pingpong karena kelengkeng ini memiliki ukuran buah yang besar, yakni sebesar bola pingpong.

Bahkan dari semua jenis kelengkeng di dunia, bisa dikatakan bahwa kelengkeng pingpong lah yang memiliki ukuran paling besar sehingga lebih mantap saat disantap. Selain itu, daging buahnya juga cukup tebal, bertekstur renyah dan beraroma harum. Nah yang paling mantap adalah citarasanya yang sangat manis, bahkan banyak yang bilang kalau kelengkeng pingpong ini manisnya kelewatan.

Tak hanya manis, kelengkeng ini juga dikenal memiliki masa berbuah yang tergolong cepat. Hanya dalam waktu 1 – 2 tahun saja, Anda sudah bisa memetik buah kelengkeng pingpong sendiri dari halaman rumah. Sayangnya kelengkeng pingpong ini memiliki pertumbuhan cabang yang sangat panjang sehingga jika tidak dipangkas secara teratur akan sangat memakan tempat.

6. Kelengkeng Aroma Durian.
Apa jadinya jika lezatnya buah kelengkeng dipadukan dengan harumnya buah durian? Hmm pasti sangat menarik bukan? Nah hal tersebut ternyata bukan hanya angan – angan belaka karena pada kenyataanya, saat ini sudah hadir varietas kelengkeng unggulan yang mampu mewujudkan keinginan tersebut. Kelengkeng ini dikenal masyarakat dengan nama kelengkeng aroma durian.

Seperti namanya, salah satu keunggulan dari kelengkeng ini terletak pada aroma buahnya yang sangat harum layaknya buah durian yang sudah matang. Aromanya yang harum tersebut masih dipadukan lagi dengan tekstur daging buahnya yang renyah, berwarna putih bersih, dan cukup tebal karena ukurannya yang hampir menyamai kelengkeng pingpong.

Sedangkan untuk rasanya, kelengkeng aroma durian memiliki rasa sangat manis dan lezat. Bahkan tak sedikit pula orang yang mengatakan bahwa rasa dari kelengkeng ini juga mirip seperti rasa buah durian. Kelengkeng ini diperkirakan masih berkerabat dekat dengan kelengkeng pingpong jadi wajar saja jika ukuran buahnya juga cukup besar.

7. Kelengkeng Merah (Ruby Longan).
Dari sekian banyaknya jenis buah kelengkeng, bisa dibilang bahwa kelengkeng merah adalah jenis kelengkeng yang paling unik dan eksklusif. Hal ini dikarenakan kelengkeng ini memiliki tampilan yang sangat menarik. Hanya dengan mendengar namanya saja, seharusnya Anda sudah tahu keistimewaan apa saja yang dimiliki kelengkeng ini.

Seperti namanya, kelengkeng yang juga sering disebut dengan ruby longan ini memiliki buah yang berwarna merah. Bahkan tak hanya buahnya, hampir keseluruhan tanaman mulai dari daun hingga batangnya juga berwarna merah. Hal ini tentunya membuat tampilan keseluruhan tanaman kelengkeng merah menjadi terlihat sangat eksotis dan menawan.

Karena keunikannya tersebut, banyak para pecinta tanaman kelengkeng yang memburu bibit kelengkeng merah untuk ditanam sebagai tanaman buah sekaligus tanaman hias di pekarangan rumah. Tak hanya cantik, citarasa yang ditawarkan kelengkeng ini juga sangat manis. Bahkan tingkat kemanisannya tergolong cukup tinggi, yakni bisa mencapai 21 briks.

8. Kelengkeng Puangray.
Kelengkeng unggulan dan terlezat yang terakhir adalah kelengkeng puangray. Sama seperti kelengkeng itoh dan kelengkeng diamond river, kelengkeng yang satu ini juga merupakan jenis tanaman kelengkeng yang berasal dari negara Thailand. Kelengkeng ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menanam tanaman kelengkeng, tetapi tidak punya banyak waktu untuk merawatnya.

Kenapa? Karena kelengkeng puangray memiliki tingkat adaptasi yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan jenis kelengkeng lain. Bahkan tanpa dirawat sekalipun, tanaman kelengkeng ini tetap bisa tumbuh. Namun jika dirawat secara teratur, pertumbuhan serta hasil panen yang diberikan tentunya juga akan lebih melimpah.

Tak hanya adaptif, kelengkeng ini juga dikenal bersifat genjah (cepat berbuah) yakni hanya membutuhkan waktu sekitar 1 tahun saja. Keunggulan lain kelengkeng ini terletak pada citarasa buahnya yang manis, dan legit dengan daging buah yang bertekstur renyah, beraroma harum, dan menyegarkan karena banyak mengandung air.
Sampai disini dulu ya artikel yang membahas tentang “8 Jenis Kelengkeng Unggul Terlezat dan Terpopuler di Indonesia”. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua dalam menentukan jenis kelengkeng apa yang ingin dibudidayakan. Beberapa jenis kelengkeng yang ada di dalam artikel ini dapat Anda dapatkan bibitnya melalui website kami di samudrabibit.net dengan mengklik link berikut.

Selain itu, Anda juga bisa langsung berkunjung ke kebun kami yang beralamat di Dusun Kandangsari Kwarasan RT 04 RW 07 Gaum, Tasikmadu, Karanganyar – Solo, Jawa Tengah 57761. Di artikel berikutnya, kami akan membahas artikel lain seputar tanaman buah. Jadi pantengin terus website samudrabibit supaya tidak ketinggalan info – info menarik lainnya. Sampai jumpa dan selamat berkebun!!!
Blog Post Lainnya
Mau tanya - tanya dulu?
0823-1087-4445
@2014 - 2020 Samudrabibit Inc.