3 Februari 2020 9:26 am

8 Jenis Tanaman Hias Indoor yang Cocok Untuk Menghias Rumah dan Tempat Kerja Anda

8 Jenis Tanaman Hias Indoor yang Cocok Untuk Menghias Rumah dan Tempat Kerja Anda
Tanaman hias merupakan tanaman yang ditanam dengan tujuan untuk menambah nilai keindahan dan estetika di suatu tempat, baik di rumah, di tempat kerja, maupun di taman. Tanaman hias sendiri dibagi menjadi dua, ada tanaman hias outdoor dan ada tanaman hias indoor.

Tanaman hias outdoor dari zaman dahulu banyak diburu oleh masyarakat karena jenisnya yang beragam. Namun sekarang tanaman indoor juga mengikuti jejak tanaman outdoor karena masyarakat percaya dengan menanam tanaman di dalam ruangan dapat membuat kualitas udara menjadi lebih sejuk dan menyegarkan.

Bahkan tanaman indoor saat ini bisa dibilang semakin diminati oleh masyarakat. Selain itu, beberapa penjual tanaman hias juga mengaku bahwa rata – rata penjualan tanaman hias indoor beberapa bulan belakangan ini cenderung meningkat dibandingkan bulan – bulan sebelumnya.
Nah uniknya, banyak masyarakat yang memesannya dalam jumlah yang banyak untuk ditempatkan pada institusi pendidikan atau dikantor. Selain itu, tidak sedikit pula yang memesan tanaman indoor untuk ditempatkan dirumah maupun di kos – kosan.

Pecinta tanaman hias indoor sendiri biasanya digandrungi oleh para kaum hawa, namun tidak sedikit pula kaum adam yang juga hobby dalam menanam tanaman indoor. Selain dapat menambah kesan sejuk di dalam ruangan, menanam tanaman hias indoor indoor juga dipercaya mampu meningkatkan mood dan semangat bagi orang disekitarnya.

Jika mood sedang bagus, maka kita juga akan semakin produktif dalam beraktifitas. Tanaman hias indoor ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai teman kerja karena dapat membantu menghilangkan stress dan penat. Meskipun demikian, namun tidak semua tanaman cocok ditanam di dalam ruangan.

Ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan dalam menanam tanaman hias sebagai tanaman indoor. Nah berikut adalah penjelasannya.

A. Kriteria Tanaman yang Bisa Ditanam Sebagai Tanaman Indoor.
Menurut para penghobby tanaman hias indoor, setidaknya ada tiga kriteria yang perlu diperhatikan dalam memilih tanaman hias dalam ruangan

1. Jenis Tanaman.
Nah langkah pertama yang harus dilakukan jika ingin menanam tanaman hias indoor adalah mengetahui jenis tanaman dan ukuran tanaman yang ingin ditanam. Mengetahui jenis tanaman bertujuan untuk memudahkan kita dalam mencari referensi dalam merawatnya.

Selain itu, perlu diketahui juga apakah tanaman tersebut bisa ditanam di dalam pot atau ditanam secara hidroponik, bagaimana perawatannya, dan berapa ukuran maksimalnya.

2. Daya Tahan Hidup Tanaman.

Untuk kriteria yang kedua adalah mengetahui daya tahan hidup tanaman, apakah tanaman tersebut mudah beradaptasi dengan lingkungan atau tidak. Selain itu, sesuaikan juga suhu habitat asli tanaman dengan suhu di dalam ruangan. Beberapa jenis tanaman membutuhkan suhu rendah namun ada juga beberapa tanaman yang dapat hidup di berbagai macam suhu.

Yang tidak kalah penting adalah kebutuhan air. Pada dasarnya, semua makhluk hidup membutuhkan air, tak terkecuali tanaman hias indoor. Akan tetapi, kebutuhan air tiap tanaman berbeda - beda. Maka dari itu, pilihlah jenis tanaman yang tidak terlalu membutuhkan banyak air kecuali jika Anda memang ingin menanam tanaman menggunakan air atau secara hidroponik.

3. Kebutuhan Sinar Matahari.
Inilah salah satu alasan kenapa tidak semua tanaman hias dapat dijadikan sebagai tanaman indoor. Sama seperti air, kebutuhan sinar matahari tiap tanaman juga berbeda - beda, ada yang sangat membutuhkan sinar matahari dan ada juga yang tidak terlalu membutuhkan sinar matahari.

Nah karena kita mau menanam tanaman indoor, maka pilihlah jenis tanaman yang tidak begitu membutuhkan sinar matahari dan dapat bertahan hidup dalam kondisi cahaya rendah.

Tanaman dengan daun yang berwarna - warni seperti kastuba pada umumnya membutuhkan cahaya yang lebih banyak. Maka dari itu, jika Anda ingin menanam tanaman kastuba di dalam rumah pastikan tanaman diletakan pada tempat yang mendapat sinar matahari agar dapat berfotosintesis dengan sempurna.

B. Fungsi dan Manfaat Menanam Tanaman Hias Indoor.
Seperti halnya hidup, dalam hidup kita harus memperbanyak teman agar hidup kita menjadi lebih berwarna. Begitu juga dengan rumah, di dalam rumah harus ada tanaman hias agar ruangan tampak lebih hijau dan segar.

Dengan menanam tanaman indoor, ada berbagai macam manfaat yang bisa Anda rasakan seperti berikut ini :

1. Mempercantik Ruangan.
Manfaat pertama yang bisa Anda langsung rasakan ketika menanam tanaman indoor adalah ruangan Anda akan tampak lebih cantik dan berwarna - warni. Memandang tanaman - tanaman unik yang kita besarkan sendiri tentunya akan terasa sangat menyenangkan.

Selain itu, keberadaan tanaman hias di sudut ruangan ataupun diatas meja kerja juga dapat menjadi pemanis ruangan alami yang indah.

2. Pembersih Udara Yang Baik Untuk Kesehatan.
Perkembangan teknologi yang cepat telah melahirkan alat - alat canggih yang sangat berguna di kehidupan kita, salah satunya adalah air purifier atau air humidifier yang berfungsi untuk membersihkan udara. Namun sayangnya harga alat - alat tersebut cenderung mahal, belum lagi harus membayar biaya listrik yang dibutuhkan alat itu.

Nah cara yang paling mudah dan murah dalam membersihkan udara secara alami adalah dengan menanam tanaman indoor. Harga tanaman indoor biasanya cenderung sangat terjangkau, tanpa harus kredit, tanpa listrik, dan tentunya bisa berkembang biak menjadi banyak. Hadirnya pembersih udara di dalam ruangan sangatlah penting karena meskipun ruangan sudah tampak bersih, belum berarti udaranya juga bersih.

Terlebih lagi jika Anda tinggal di wilayah perkotaan dimana polusi bisa datang dari mana saja, baik dari asap dapur, asap rokok, asap kendaraan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Asap - asap tersebut mengandung zat - zat beracun yang apabila dihirup terus - menerus akan menimbulkan masalah yang serius bagi kesehatan. Oleh karena itu, kehadiran tanaman indoor sangatlah penting karena dapat menjaga kualitas udara dirumah.

C. Jenis Tanaman Hias yang Cocok Ditanam di Dalam Rumah.
Jika Anda bingung memilih dan memilah tanaman hias yang cocok ditanam sebagai tanaman indoor, berikut sudah kami rangkum beberapa jenis tanaman yang bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat.

1. Lidah Buaya.
Lidah buaya atau yang juga dikenal dengan nama aloe vera merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat terkenal diseluruh negara di dunia. Tanaman lidah buaya umumnya berukuran kecil dan imut – imut sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tanaman hias indoor.

Selain itu, lidah buaya juga dikenal mampu bertahan dalam kondisi ekstrem sekalipun dan mampu menyimpan cadangan air yang cukup untuk kehidupannya. Tanaman ini juga tidak terlalu membutuhkan banyak sinar matahari, namun tidak ada salahnya jika sesekali tanaman lidah buaya dijemur dibawah sinar matahari pagi.

2. Monstera.
Nah jika Anda ingin menanam tanaman indoor namun dengan ukuran yang besar, monstera merupakan salah satu pilihan tanaman yang tepat. Tanaman yang berasal dari meksiko ini memiliki daun yang sangat besar dan terlihat unik karena terdapat lubang di tengah – tengah daunnya. Selain itu, warna daunnya yang hijau juga sangat cocok untuk menambah kesan minimalist di dalam ruangan.

Tanaman monstera juga dapat meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan berkat produksi oksigen yang dilakukannya pada malam hari. Tak hanya itu, tanaman ini juga dapat menghilangkan polutan karsinogenik yang biasanya terdapat pada asap rokok dan asap kendaraan. Hebat bukan?

3. Peace Lily.
Mungkin banyak dari kita yang sudah pernah melihat tanaman ini tetapi tidak tahu namanya. Nah ternyata tanaman cantik yang satu ini bernama peace lily. Yang menjadikan tanaman ini cocok dijadikan sebagai tanaman hias adalah perawatannya yang sangat mudah.

Selain itu, tanaman peace lily juga tidak terlalu membutuhkan sinar matahari. Cahaya ruangan sudah cukup untuk menunjang pertumbuhannya.

4. Lavender.
Lavender? Yaps tanaman ini merupakan salah satu dari sekian banyaknya tanaman yang cocok ditanam di dalam ruangan. Tanaman lavender dikenal memiliki bunga yang berwarna warni – dengan aroma yang sangat harum. Nah aromanya ini tidak disukai oleh nyamuk sehingga dapat mengusir nyamuk – nyamuk nakal dari dalam rumah.

Bahkan karena manfaatnya tersebut, tanaman ini sering dijadikan sebagai lotion anti nyamuk. Agar pertumbuhannya lebih maksimal, tanaman lavender sebaiknya ditempatkan didekat jendela supaya mendapatkan sinar matahari yang cukup sekaligus mencegah nyamuk untuk masuk kedalam rumah.

5. Anggrek.
Siapa sangka tanaman yang menjadi primadona tanaman hias ini selain dapat ditanam sebagai tanaman outdoor, ternyata juga dapat ditanam sebagai tanaman indoor. Jenis anggrek yang bisa Anda pilih juga sangatlah beragam mulai dari yang mudah dijumpai hingga yang langka, maupun dari yang murah, hingga yang mahal.

Tanaman anggrek bisa ditanam di dalam pot menggunakan media tanam berupa pecahan genteng, pecahan batu bata, serbuk gergaji, sabut kelapa, atau campuran tanah humus dan sekam. Tanaman anggrek tidak terlalu membutuhkan sinar matahari. Untuk penempatannya, disarankan didekat jendela namun jangan terkena sinar matahari langsung.

6. Kaktus Mini.
Dalam dunia tanaman indoor, kaktus mini bisa dibilang menjadi salah satu rajanya tanaman indoor. Hampir semua jenis kaktus dapat ditanam sebagai tanaman indoor. Selain itu, kaktus mini juga memiliki bentuk yang unik dengan ukuran yang kecil sehingga tampak imut dan menggemaskan.

Seperti yang kita tahu, kaktus merupakan tanaman yang hidup diwilayah yang kering dan tandus seperti di gurun. Nah hal tersebut menjadikan tanaman ini menjadi sangat adaptif terhadap berbagai macam kondisi lingkungan sehingga perawatannya juga menjadi lebih mudah. Kebutuhan air tanaman ini juga cukup rendah, bahkan dalam kondisi kering sekalipun tanaman ini tetap dapat tumbuh.

7. Lidah Mertua.
Meskipun namanya terdengar sedikit menyeramkan, namun siapa sangka tanaman yang juga sering disebut dengan sansevieria ini ternyata menjadi primadona bagi para pecinta tanaman indoor. Daunnya yang unik, berbentuk memanjang, dengan corak berwarna hijau dan kuning membuatnya sangat cocok untuk menambah keindahan di sudut ruangan.

Selain itu, tanaman lidah mertua juga dapat menyerap polutan berbahaya seperti asap rokok, benzene, karbondioksida, trichloroethylene, dan formaldehydem. Dengan demikian, maka menanam tanaman ini di dalam rumah akan membuat kualitas udara menjadi lebih sehat. Selain itu, tanaman lidah mertua juga memiliki tingkat adaptasi yang tinggi sehingga mudah dirawat.

8. Bambu Hoki.
Nah yang terakhir adalah bambu hoki. Bambu hoki atau bambu rejeki merupakan tanaman yang berasal dari benua afrika. Secara fisik, tanaman ini memiliki batang yang ramping dan lebih lentur daripada bambu pada umumnya dengan daun – daun yang berwarna hijau.

Selain itu, ukuran tanaman ini juga tidak terlalu besar sehingga sangat cocok ditempatkan diatas meja kerja Anda. Bambu hoki dapat ditanam menggunakan tanah ataupun secara hidroponik menggunakan air. Namun jika ditanam menggunakan tanah, kelembaban tanah harus tetap dijaga namun jangan sampai kelebihan air karena dapat merusak tanaman.

Itulah artikel mengenai 8 Jenis Tanaman Hias Indoor yang Cocok Untuk Menghias Rumah dan Tempat Kerja Anda. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan mempermudah kita dalam memilih tanaman hias indoor untuk menghias rumah maupun meja kerja kita. Sebenarnya, masih ada banyak lagi jenis tanaman hias yang bisa dijadikan sebagai tanaman indoor.

Namun tidak mungkin jika semua ditulis didalam artikel ini. Mungkin di lain waktu, kami akan membagikan artikel lain mengenai jenis – jenis tanaman indoor. Jika Anda tertarik untuk menanam tanaman indoor, beberapa tanaman diatas dapat Anda dapatkan melalui website kami di www.samudrabibit.net. Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya!!!
Blog Post Lainnya
Mau tanya - tanya dulu?
0823-1087-4445
@2014 - 2020 Samudrabibit Inc.