28 Januari 2021 9:08 am

Tak Hanya Indah, Ini Dia 12 Manfaat Menanam Tanaman Hias di Rumah

Tak Hanya Indah, Ini Dia 12 Manfaat Menanam Tanaman Hias di Rumah
Apa yang pertama kali muncul di pikiran Anda ketika mendengar tanaman hias? Pastinya tanaman cantik yang berfungsi untuk menghias rumah. Iya kan? Dengan menanam tanaman hias, rumahpun dijamin akan tampak makin asri dan indah. Kalau halaman tampak cantik, pastinya juga membuat kita makin betah dirumah.

Eitss tapi selain dapat membuat rumah jadi makin indah, ternyata masih banyak lagi loh manfaat menanam tanaman hias dirumah. Lalu apa saja sih sebenarnya manfaat dari tanaman hias? Yuk simak rangkumannya dibawah ini.

1. Mengurangi Debu dalam Ruangan.
Meskipun tidak begitu terlihat, debu – debu kotor pasti banyak bertebaran di udara. Apalagi kalau Anda tinggal di perkotaan atau dekat jalan raya, pasti banyak sekali debu yang bisa mengganggu pernapasan Anda sekeluarga. Belum lagi kalau sedang musim kemarau kering, debu juga cenderung lebih mudah bertebaran.

Nah untuk mengatasinya, Anda bisa menanam tanaman indoor karena tanaman indoor dapat melepaskan 95 – 97% kandungan air ke udara. Hal ini akan menciptakan serta menyeimbangkan kelembaban udara sehingga mampu menangkap dan menyerap debu yang ada pada ruangan. Bisa dibilang, tanaman hias merupakan air purifier sekaligus air humidifier alami yang ekonomis.

2. Menghilangkan Racun Berbahaya dari Udara.
Selain menyegarkan mata, tanaman hias ternyata juga dapat membuang polutan berbahaya yang bertebaran di udara. Hal ini tentu saja sangat baik untuk kita terutama bagi saluran pernapasan. Menurut penelitian, beberapa tanaman hias seperti english ivy, peace lily, bunga krisan, dan masih banyak lagi yang lainnya terbukti ampuh menghilangkan partikel racun dari udara.

Tanaman – tanaman tersebut memiliki kemampuan untuk menyaring dan menghilangkan kandungan benzena, xylene, amonia, formaldehida, dann trichloroethylene dari udara. Beberapa zat tersebut dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, iritasi mata, gangguan saluran pencernaan, dan alergi. Nah dengan menanam tanaman hias dirumah, semua hal tersebut bisa diminimalisir. Keren bukan?

3. Menurunkan Tingkat Kebisingan.
Kalau kita tinggal di dekat jalan raya, selain debu yang beterbangan di udara, kebisingan pastinya juga sering mengganggu kita. Nah untuk mengatasinya, Anda bisa menanam tanaman karena ada beberapa jenis tanaman yang mampu membiaskan gelombang suara yang masuk kedalam ruangan. Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk Anda sekeluarga.

Lalu jenis tanaman apa saja yang bisa menurunkan tingkat kebisingan? Jenisnya ada banyak kok! Tapi yang paling sering dimanfaatkan adalah rubber plants dan weeping fig. Kedua tanaman ini mampu menyerap gelombang suara. Dengan menanamnya dirumah, Andapun akan merasakan ketenangan dari kebisingan kota diluar sana.

4. Menetralisir Bau Tak Sedap.
Lagi santai dan istirahat, eh tiba – tiba tercium bau tak sedap. Entah itu bau dari makanan busuk, dari kamar mandi, ataupun dari kotoran hewan peliharaan kita. Sebenarnya bisa sih diakali dengan menggunakan pengharum ruangan berbahan kimia, tapi akan lebih baik lagi kalau Anda menggunakan parfum alami dari tanaman.

Pilihannya juga sangat beragam, Anda bisa menempatkan tanaman hias seperti lidah mertua, bunga mawar, dan peace lily. Dengan tanaman ini, bau tak sedap dapat dinetralkan dari ruangan Anda dan udarapun akan tetap segar dan wangi sepanjang hari. Tanaman ini sama efektifnya dengan pengharum ruangan kimia namun lebih alami dan safety.

5. Efektif Mengusir Nyamuk.
Di negara beriklim tropis seperti di Indonesia, nyamuk sepertinya sudah menjadi teman dalam keseharian kita. Siapa juga yang mau temenan sama nyamuk? Pasti nggak ada kan? Berbagai macam upaya, sudah kita lakukan untuk membasmi teman menyebalkan yang satu ini seperti menggunakan obat nyamuk bakar, elektrik, hingga semprot.

Namun sayangnya, kebanyakan obat nyamuk masih mengandung bahan kimia berbahaya yang tidak baik untuk kesehatan keluarga. Nah daripada menggunakan obat nyamuk, kenapa tidak mencoba tanaman pengusir nyamuk yang sudah terbukti aman dan alami? Anda bisa menanam bunga geranium atau bunga lavender. Rumahpun akan terbebas dari gangguan serangga penghisap darah ini.

6. Membuat Tidur Lebih Nyenyak.
Semua orang, pastinya membutuhkan tidur dan istirahat terutama pada malam hari. Dengan tidur, stamina pun akan terecovey dan tubuhpun akan jadi bugar kembali. Tapi apa jadinya jika Anda kesusahan tidur di malam hari? Pastinya sangat menjengkelkan bukan? Eitss jangan langsung minum obat tidur karena selain menyebabkan ketergantungan, obat tidur juga tidak baik untuk tubuh Anda.

Anda bisa mencoba untuk menanam tanaman seperti bunga lavender atau bunga melati di dalam kamar. Tanaman berbunga ini memiliki aroma yang bermanfaat sebagai relaksasi sehingga mampu menurunkan detak jantung, menurunkan tekanan darah, mengurangi kecemasan, dan mengurangi stress. Tidurpun akan lebih lelap dan nyenyak dengan adanya tanaman ini.

7. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi.
Kadar karbondioksida atau CO2 yang berlebih dalam suatu ruangan dapat membuat orang di dalamnya menjadi lebih mudah lelah, letih, dan lesu. Kondisi ini tentunya akan mengganggu kelancaran aktivitas serta menurunkan tingkat produktivitas Anda.

Nah dengan adanya tanaman hias di dalam ruangan, tanaman tersebut akan menyerap kandungan CO2 (karbondioksida) dan menggantinya dengan O2 (oksigen) yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan demikian, kondisi udara di dalam ruangan akan menjadi lebih segar dan Anda pun tetap dapat menjalankan semua aktivitas dengan lancar.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh The Royal College of Agriculture di Cirencester, Inggris, siswa yang menghadiri kelas yang terdapat tanaman indoor menunjukan bahwa sekitar 70% siswa mendapatkan hasil belajar yang baik. Hal ini tentu saja menjadi bukti bahwa tanaman dalam ruangan sangat efektif dalam meningkatkan fokus belajar.

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh.
Meningkatkan daya tahan tubuh? Yapss,, menanam tanaman hias juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. Salah satu jenis tanamannya adalah devil’s ivy atau sirih gading. Menurut studi yang sudah dilakukan, bangunan kantor paharpur yang memiliki lebih dari 1200 tanaman devil’s ivy merupakan bangunan yang paling sehat di negaranya.

Studi ini jiga dilakukan terhadap beberapa pekerja kantor di bangunan lainnya. Hasilnya, karyawan kantor di paharpur memiliki tingkat penyakit harian seperti asma, iritasi mata, sakit kepala, serta masalah pernapasan yang jauh lebih rendah. Dengan adanya tanaman di dalam ruangan, dapat membantu meningkatkan kelembaban yang membantu mencegah tersebarnya virus flu.

9. Meredakan Flu & Batuk.
Flu dan batuk biasanya sangat mudah menyerang masyarakat, terutama ketika memasuki musim penghujan. Nah salah satu cara untuk menyembuhkan dan mencegah penyakit tersebut adalah menanam tanaman hias jenis eucalyptus. Tanaman eucalyptus memiliki manfaat sebagai dekongestan alami yang memberikan efek melegakan.

Dengan menghirup aromanya, batuk berdahak, pilek, dan hidung mampet akan kembali lega. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa kombinasi eucalyptus, pinus, dan ekstrak jeruk nipis dapat digunakan untuk membantu mengatasi bronkitis.

10. Mengurangi Stress.
Dengan memilihara tanaman dirumah, ternyata juga dapat mengurangi stress setelah bekerja seharian. Salah satu jenis tanamannya adalah lidah buaya. Jenis tanaman yang satu ini bisa dibilang sangat terkenal di seluruh negara di dunia termasuk di Indonesia. Namun apakah Anda tahu jika tanaman lidah buaya dapat dijadikan sebagai air purifier alami?

Tanaman ini dapat membantu membersihkan udara dari zat formaldehida dan benzena berbahaya. Selain itu, warnanya yang hijau juga sangat cocok untuk mendekorasi ruangan agar tampak lebih asri dan alami. Ruangan pun jadi makin cantik dan estetik sekaligus bermanfaat untuk mengurangi stress akibat pekerjaan ataupun lainnya.

11. Menjaga Kesehatan Mental.
Pada umumnya, tanaman hias memang memiliki bentuk yang sangat cantik dan menawan. Ditambah lagi dengan daunnya yang hijau alami serta wanginya yang menyegarkan. Hal ini tentunya akan memancarkan aura positif dari alam untuk kehidupan kita.

Hal inilah yang mnajdi alasan mengapa hanya dengan melihat ataupun menghirup aroma tanaman dapat memelihara kondisi mental manusia dari tekanan dan kesibukan sehari – hari. Anda bisa meletakkan tanaman hias diatas meja kerja seperti aloe vera, lidah mertua, ataupun lili paris.

12. Memberikan Kesan Berkelas.
Tak hanya memberikan efek positif bagi kesehatan dan mood kita, manfaat tanaman hias lainnya adalah memberikan nuansa yang lebih elegan pada ruangan. Salah satu jenis tanaman yang dapat Anda gunakan adalah sirih gading.

Agar tampak lebih menawan, Anda bisa meletakkan tanaman ini pada gelas kaca yang berisi air. Tanaman sirih gading merupakan pilihan terbaik bagi Anda yang ingin mencoba memelihara tanaman karena tanaman ini termasuk sangat mudah untuk dirawat.
Sampai disini dulu ya artikel yang membahas tentang manfaat tanaman hias. Sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat tanaman hias untuk kehidupan kita, namun tidak mungkin jika semua ditulis dalam satu artikel ini. Jadi, kapan Anda akan memulai untuk menanam tanaman hias dirumah?

Anda bisa memesan bibit tanaman hias yang Anda sukai melalui website kami di samudrabibit.net. Untuk melihat katalog produknya, Anda bisa mengklik link berikut. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat sekaligus menambah wawasan kita semua ya! Sampai jumpa lagi di artikel lain berikutnya dan selamat berkebun!!!
Blog Post Lainnya
Mau tanya - tanya dulu?
0823-1087-4445
@2014 - 2020 Samudrabibit Inc.