28 Januari 2021 9:09 am

Mengenal Lebih Dekat Dengan Tanaman Sukulen Beserta Manfaat dan Tips Perawatannya.

Mengenal Lebih Dekat Dengan Tanaman Sukulen Beserta Manfaat dan Tips Perawatannya.
Ingin menanam tanaman hias yang beda dari biasanya? Kalau iya, sukulen merupakan pilihan yang tepat untuk Anda coba. Sukulen sendiri merupakan salah satu jenis tanaman hias yang bisa digunakan untuk menghias & mempercantik rumah Anda. Sejak pandemi pada awal tahun 2020, banyak orang yang meluangkan waktu luang mereka untuk mencoba hobby baru dan salah satunya adalah menanam tanaman.
Sejak saat itu, popularitas tanaman hias terus mengalami peningkatan sehingga memberikan efek pada naiknya harga tanaman tersebut. Nah dari sekian banyaknya jenis tanaman hias, sukulen bisa dibilang memiliki peminat serta mengalami perkembangan yang paling drastis. Sukulen ini menjadi sangat digemari masyarakat karena ukurannya yang mungil dan mudah ditanam.

Selain itu, sukulen juga memiliki jenis yang beraneka ragam. Jadi, Andapun bisa memilihnya sendiri sesuka hati. Agar lebih dekat dengan tanaman sukulen, berikut sudah kami rangkum beberapa hal yang wajib Anda ketahui tentang tanaman sukulen. Yuk simak ulasannya!

1. Apa Itu Sukulen?
Dalam dunia botani, sukulen merupakan tanaman yang memiliki beberapa bagian yang tebal atau gemuk dan biasanya berfungsi untuk menghambat penguapan air pada tanah/media tanam yang minim air atau pada iklim yang gersang. Nama sukulen sendiri berasal dari bahasa inggris yakni “succulent” sementara untuk nama latinnya yaitu “sucus” yang berarti cairan.

Kelebihan tanaman sukulen yang utama adalah sifatnya yang tangguh serta mampu menyimpan air diberbagai bagian tubuhnya mulai dari batang, daun, dan akarnya. Hingga saat ini, ada setidaknya lebih dari 25 family tanaman sukulen seperti Cactaceae, Crassulaceae, Agavoideae, dan Aizoaceae.
Habitat asli dari tanaman ini pada umumnya terletak pada daerah dengan curah hujan sedikit dan bersuhu tinggi. Selain itu, tanaman sukulen juga dikenal memiliki kemampuan untuk tumbuh meskipun dengan sumber air yang terbatas. Untuk mengatasinya, sukulen akan mengandalkan kabut dan embun sebagai pengganti air. Lalu apa bedanya sukulen dan kaktus?

Pada dasarnya, sukulen merupakan istilah untuk tanaman dengan karakter menyerap dan menyimpan air pada bagian tubuhnya sedangkan kaktus merupakan nama dari family tumbuhan. Secara fisik, sukulen memiliki kelopak menyerupai daun sedangkan kaktus memiliki duri sebagai wujud pergantian jaringan.

Jadi bisa dikatakan bahwa semua tanaman kaktus tergolong sebagai tanaman sukulen namun tidak semua tanaman sukulen adalah tanaman kaktus.

2. Manfaat Tanaman Sukulen.
Seperti yang kita tahu, menanam tanaman di rumah sendiri merupakan salah satu kegiatan yang sangat positif. Setiap tanaman juga memiliki manfaatnya masing – masing sehingga akan sangat tepat jika Anda memiliki sebuah taman bunga untuk mendapatkan manfaat dan keindahan dari tanaman hias.

Nah tak terkecuali juga dengan tanaman sukulen. Menanam dan merawat tanaman sukulen tentunya juga bisa memberikan manfaat yang baik untuk kita seperti :

a. Mempercantik Rumah.
Tanaman sukulen memang dikenal mampu tumbuh diberbagai kondisi iklim sehingga menjadikannya sebagai salah satu tanaman yang bisa ditanam di dalam rumah (indoor) dengan perawatan yang mudah. Dengan hadirnya satu tanaman saja, pastinya sudah bisa membuat ruang yang tadinya polos menjadi lebih sejuk dan segar.

Tampilannya yang unik dan indah pastinya dapat membuat suasana rumah jadi lebih berwarna dan mempesona. Agar lebih cantik, Andapun bisa mengkreasikannya dengan berbagai macam bentuk pot yang cantik maupun menambahkan batu hias diatas media tanamnya.

b. Memurnikan Udara.
Menurut penelitian, meletakkan tanaman di dalam ruangan mampu menghilangkan 87% racun di udara hanya dalam waktu 24 jam saja. Sleain itu, menanam tanaman di dalam ruangan juga bisa menjaga kelembaban udara sehingga akan melindungi kita dari masalah pernapasan, batuk, dan sakit tenggorokan.

Nah salah satu tanaman yang hits untuk ditanam di indoor ya sukulen ini. Beberapa jenis sukulen seperti sansevieria dipercaya mampu menyerap polutan di udara dan juga menyerap radiasi berbahaya dari perangkat elektronik yang ada di dalam ruangan.

c. Melawan Sick Bulding Syndrome.
Sering merasa stress, penat, atau kurang sehat bekerja di kantor? Bisa jadi Anda mengalami sick building syndrome. Sick building syndrom merupakan kondisi kesehatan seperti pusing hingga masalah pernapasan yang sering dialami oleh pekerja kantoran. Salah satu penyebab utama dari sindrom ini adalah keadaan lingkungan kantor yang kurang kondusif seperti ventilasi yang buruk, tingkat karbondioksida yang tinggi, hingga efek pendingin ruangan (AC).

Nah dengan adanya tanaman sukulen disamping meja kerja Anda dapat membantu menstabilkan denyut jantung, mengatasi masalah pernapasan, hingga mengurasi stress dan kecemasan sehingga sangat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas kerja.

d. Membantu Tidur Lebih Nyenyak.
Banyak yang beransumsi bahwa tidur di dekat tanaman tidak baik untuk kesehatan kita karena akan berebut oksigen yang ada di udara. Hal tesebut memang benar namun tergantung juga dengan apa jenis tanamannya.

Beberapa jenis sukulen justru akan mengubah karbondioksida menjadi oksigen di malam hari sehingga pasukan oksigen akan tetap melimpah dan udara pun menjadi lebih segar. Tidurpun pastinya juga akan lebih relaks dan nyenyak.

e. Mengurasi Stress dan Depresi.
Dalam sebuah studi, menyentuh daun tumbuhan selama 2 menit bisa menurunkan tingkat stress. Selain itu, menanam dan merawat tanaman juga bisa menjadi salah satu cara paling efektif untuk melawan rasa depresi dan kesepian karena dapat menumbuhkan motivasi dan kepuasan ketika melihat tanaman yang dirawat mulai tumbuh.

3. Jenis Tanaman Sukulen.
Sukulen sendiri merupakan salah satu tanaman dengan jenis yang berbeda – beda. Dari setiap jenisnya juga memiliki keunikan dan kelebihannya masing masung namun tetap memiliki karakteristik yang mirip. Nah berikut adalah beberapa jenis tanaman sukulen yang paling populer dan paling mudah dijumpai di Indonesia :

a. Hens and Chicks.
Salah satu jenis tanaman sukulen yang paling banyak diburu masyarakat adalah sukulen hens and chicks. Jenis ini banyak diminati hingga saat ini karena sukulen ini memiliki aksen warna yang sangat indah dan beragam. Ada yang daunnya berwarna hijau dengan aksen merah, ada juga yang berwarna hijau dengan aksen ungu.

b. Haworthia.
Jenis tanaman sukulen yang selanjutnya adalah haworhia. Sekilas, jenis ini terlihat seperti lidah buaya namun dengan ukuran yang lebih kecil dan dengan bentuk yang tajam keatas. Ukurannya pun juga tidak bisa besar sehingga akan lebih menghemat tempat dan sangat cocok untuk menghias meja kerja Anda.

c. Yucca.
Yang tak kalah terkenal adalah jenis sukulen yucca. Yucca ini merupakan salah satu jenis sukulen yang banyak ditanam oleh pencita sukulen. Namun jenis ini sangat membutuhkan sinar matahari yang cukup agar tumbuh optimal. Nah jika ingin menanamnya di indoor, disarankan untuk memindahkan keluar rumah dan menjemurnya dibawah sinar matahari pagi secara rutin.

d. Echeveria.
Suka dengan bunga mawar? Jika iya, sukulen jenis echeveria merupakan pilihan yang tepat untuk Anda. Kenapa? Karena sukulen ini memiliki bentuk yang sangat cantik dan mengembang layaknya bunga mawar. Meskipun hijau adalah warna utamanya, namun echeveria juga memiliki aksen merah muda pada pinggir daunnya sehingga terlihat lebih mempesona. Tapi ada juga jenis echeveria dengan warna yang berbeda/

e. Aloe Vera (Lidah Buaya).
Lidah buaya? Siapa sangka tanaman yang mungkin ada di sekitar Anda ini merupakan salah satu jenis sukulen? Yapss, lidah buaya memang dikenal mampu menyimpan kandungan air yang tinggi pada batang dan daunnya. Inilah yang mendasari mengapa lidah buaya juga termasuk kedalam jenis sukulen.

Jika ditanam di dalam ruangan, lidah buaya mampu mengurangi polutan dan residu berbahaya pada ruangan Anda. Beberapa jenis lidah buaya bahkan juga bisa dikonsumsi ataupun diolah menjadi berbagai macam produk kesehatan yang bermanfaat seperti untuk menjaga kesehatan rambut, menghilangkan panas dalam, dan menurunkan demam.

f. Jade Plant.
Jade plant atau juga dikenal dengan nama ilmiah Crassula ovata ini juga sangat cocok untuk menghias ruangan Anda. Jika diperhatikan, jade plant ini memiliki bentuk yang sangat mirip seperti bonsai dengan perpaduan daun yang gemuk dan berwarna hijau cerah. Hal ini tentu saja membuatnya terlihat sangat unik dan berbeda dengan jenis tanaman lainnya.

4. Tips Merawat Sukulen di Rumah.
Semua tanaman pastinya akan tumbuh maksimal jika rutin dilakukan perawatan. Nah sukulen merupakan salah satu jenis tanaman yang mudah dirawat. Jika Anda belum pernah merawat tanaman sebelumnya, Anda bisa memulainya dengan menanam sukulen ini. Berikut adalah tips dalam merawat tanaman sukulen agar tumbuh subur dan optimal :

a. Berikan Pencahayaan yang Cukup.
Meskipun bisa ditanam di dalam ruangan, namun pada dasarnya sukulen adalah tanaman yang membutuhkan pencahayaan secara rutin dan teratur. Beberapa jenis sukulen akan menjadi layu atau bahkan busuk jika tidak mendapat cahaya yang cukup.

Sebenarnya, Anda bisa menyimpan tanaman sukulen dimana saja pada bagian dalam rumah Anda namun pastikan bahwa sukulen masih mendapatkan sinar matahari meskipun tidak secara langsung. Sangat direkomendasikan untuk diletakkan di dekat jendela rumah Anda. Selain itu, Anda juga bisa secara rutin menjemur sukulen di bawah sinar matahari pagi.

b. Siram Secukupnya.
Semua tanaman di dunia ini, pasti membutuhkan air untuk pertumbuhannya. Tak terkecuali dengan tanaman sukulen. Namun tanaman sukulen tidak menyukai air yang berlebih apalagi sampai menggenang karena dapat menyebabkan kebusukan. Maka dari itu, siram secukupnya saja ketika media tanam sudah kering dan sesuaikan dengan kondisi cuaca.

c. Hindari Membasahi Daunnya.
Salah satu bagian yang paling sensitif dari tanaman sukulen adalah daunnya. Jika daun terlalu basah juga bisa menimbulkan kebusukan. Maka dari itu jika daunnya basah, disarankan untuk segera mengeringkannya. Selain itu, saat melakukan penyiraman pastikan untuk jangan menyiram daunnya. Trus gimana dong? Mudah kok, cukup siram langsung saja ke media tanamnya.

d. Bersihkan Tanaman Secara Rutin.
Agar warna dan pesonanya bisa lebih keluar, maka Anda harus membersihkan tanaman ini secara rutin. Caranya juga mudah kok, cukup bersihkan gulma yang tumbuh di sekitar media tanam dan buang daun sukulen yang sudah mengering. Selain bisa membuat tanaman jadi lebih cantik, pembersihan ini juga dapat meminimalisir timbulnya hama penyakit yang merugikan.

e. Pilih Pot yang Tepat.
Nah hal yang tidak kalah penting dalam mananam sukulen adalah pemilihan pot. Jika ingin menanam menggunakan pot, usahakan memilih pot yang memiliki lubang drainase di bagian bawahnya. Hal ini bertujuan agar sirkulasi air dan udara berjalan dengan lancar sehingga media tanam akan tetap sehat, tanaman pun jadi subur dan kuat.

f. Gunakan Media Tanam Yang Porous.
Selain pot, media tanam yang digunakan juga harus bersifat mudah mengalirkan air atau dikenal juga dengan istilah “porous”. Sayangnya, kebanyakan media tanam yang porous hanya memiliki kandungan unsur hara yang sedikit. Nah untuk mengakalinya, para pecinta sukulen biasa menggunakan beberapa campuran media tanam seperti sekam bakar, pasir malang, pumice, pupuk kompos, atau pupuk kandang.
Itulah cara mudah dalam merawat sukulen beserta jenis dan manfaatnya. Sebenarnya masih ada banyak lagi jenis sukulen yang cantik dengan karakteristik unik. Untuk cara merawatnya pun juga bisa berbeda – beda tergantung pada setiap individunya. Namun tidak mungkin jika semuanya ditulis dan dibahas dalam satu artikel ini. Jika ada kesempatan, akan kami bahas lagi di lain waktu.

Nah jika Anda tertarik untuk menanam dan memelihara tanaman sukulen, Anda bisa memesannya melalui website kami dengan mengklik link berikut ini “Paket 10 Jenis Sukulen Unik”. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua ya! Sampai jumpa lagi di artikel lain dengan bahasan menarik berikutnya! Selamat berkebun!!!
Blog Post Lainnya
Mau tanya - tanya dulu?
0823-2246-8111
@2014 - 2020 Samudrabibit Inc.