5 Februari 2021 9:09 am

Mengenal Okulasi, Cara Untuk Meningkatkan Mutu Tanaman Dengan Mudah dan Cepat

Mengenal Okulasi, Cara Untuk Meningkatkan Mutu Tanaman Dengan Mudah dan Cepat
Hai Sabiters gimana kabar kalian hari ini? Semoga baik baik saja ya. Pada kesempatan yang baik ini Samudrabibit hadir lagi untuk memberikan wawasan dan pengetahuan seputar tanaman lagi. Hal yang akan kita bahas kali ini adalah tentang Okulasi.
Okulasi? Mungkin ada sebagian orang yang sudah tahu apa itu okulasi, namun faktanya banyak juga yang belum tahu apa sih sebenarnya okulasi itu? Tenang saja, pada kesempatan ini kita akan bahas tuntas sampai ke akarnya. Yuk langsung disimak aja.

1. Apa itu Okulasi?
Pembahasan kita yang pertama tentu saja adalah apa sih senbenarnya pengertian okulasi? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) okulasi adalah “Cara meningkatkan mutu tumbuhan dengan menempelkan sepotong kulit pohon yang bermata dari batang atas pada suatu irisan pada kulit pohon lain dari batang bawah sehingga tumbuh bersatu menjadi tanaman baru”.

Pengertian gampangnya okulasi adalah teknik perbaikan mutu tanaman dengan cara menempelkan mata tunas dari tanaman unggul kepada tanaman lainnya agar mendapat hasil sesuai dengan yang kita inginkan.

Okulasi adalah salah satu teknik pengembangbiakan tumbuhan secara vegetatif buatan, tujuan melakukan okulasi adalah untuk menggabungkan keunggulan dari masing – masing tanaman yang diokulasikan untuk mendapatkan varietas tumbuhan yang lebih baik lagi. Sampai disini paham kan? Kalau udah paham yuk lanjuuttt...

2. Keunggulan Okulasi
Dalam dunia pembibitan tanaman kita mengenal begitu banyak cara atau teknik pemngembangbikan baik secara vegetatif maupun generatif seperti okulasi, cangkok, stek, biji, penyerbukan dan masih banyak yang lain. Setelah mengetahui apa itu okulasi, selanjutnya yang perlu kita ketahui adalah apasih keunggulan teknik okulasi dibanding teknik lain?

Okulasi adalah teknik terbaik dalam pembibitan tanaman buah. Dengan okulasi, tanaman akan mendapat sifat unggul dari induknya langsung sehingga sudah terjamin keunggulan dan kualitas buahnya. Bukan hanya itu, karena mengambil mata tunas dari induk yang sudah berbuah membuat bibit tanaman baru akan lebih cepat berbuah dibandingkan dengan bibt yang berasal dari biji langsung.
Dari penjelesan diatas, inilah beberapa poin penting keunggulan Okulasai dibanding dengan teknik pengembangbiakan tanaman lainnya :
  • Tanaman akan lebih cepat tumbuh dan berbuah
  • Produktivitas buah meningkat
  • Kualitas buah unggul seperti induknya
Dengan begitu banyaknya keunggulan yang didapat, itulah alasan mengapa sekarang ini mulai banyak petani dan pecinta tanaman lebih memilih okulasi dibanding teknik lainnya untuk pengembangbiakan tanaman.

3. Tanaman Buah Okulasi

Setelah mengetahui apa itu okulasi beserta keunggulannya, pasti timbul pertanyaan seperti ini “Apa semua tanaman bisa diokulasi?”. Tentu tidak, namun hampir semua tanaman buah bisa diokulasi terutama untuk tamanan dengan batang berkayu. Nah untuk itu Samudrabibit akan memberikan beberapa rekomendasi tanaman buah yang cocok untuk diokulasi.
  • Durian
Durian merupakan salah satu varietas buah tropis yang sudah terkenal di seluruh dunia. Buah yang sangat identik dengan kulitnya yang berduri tajam ini memang selalu di nanti kehadirannya. Terlebih jika musim panennya sudah tiba, kita bisa dengan mudah menjumpai pedagan buah berjejeran dipinggir jalan menawarkan buah lezat yang satu ini.

Buah durian memang sangat lezat dan nikmat, jika anda punya pohon durian dirumah pasti tak sabar untuk menunggunya burbuah kan? Yap durian memang terkenal sebagai tanaman yang susah berbuah, bahkan ada pohon durian yang sudah 10 tahun lebih ditanam tapi tak pernah berbuah sekalipun.
Nah untuk menagatasi masalah tersebut okulasi merupakan pilihan terbaik untuk mengembangbiakan tanaman durian. Dengan okulasi pohon durian akan lebih cepat tumbuh besar dan berbuah, selain itu pohonnya pun juga lebih kuat dan tahan hama. Pohon durian hasil okulasi dengan perawatan yang tepat sudah siap dipanen di usia 5 tahun sejak penanaman, wow cepet naget kan??
  • Mangga
Mangga? Hmmm hanya dengan mendengarnya saja, kita pasti langsung bisa membayangkan betapa nikmatnya buah yang satu. Yak, buah mangga merupakan salah satu varietas buah tropis yang sangat popular di berbagai negara di dunia. Selain karena rasanya yang super nikmat, harganya yang sangat terjangkau serta dapat ditemukan dimana saja juga menjadi faktor meningkatnya kepopuleran buah yang satu ini.

Terdapat berbagai macam jenis dan varietas buah manggadi dunia seperti mangga mahatir, mangga kiojay, mangga manalagi, dan masih banyak yang lainnya. Tanaman manga terkenal dengan masa berbuahnya yang cepat, dalam 1 – 2 tahun sejak penanam kita sudah bisa menikmatik buahnya.
Namun dalam pengembangbiakan tanaman tanaman manga, salah satu yang menjadi masalah adalah hasil buahnya tidak sama dengan induknya, bahkan ada yang mengalami penurunan kualitas buahnya. Karena itulah mengapa okulasi sangat baik untuk pengembangbiakan tanaman manga. Pohon dan buah mangga hasil okulasi sudah pasti terjamin kualitasnya, karena mendapatkan keunggulan dari induknya secara langsung.
  • Jeruk
Buah Jeruk merupakan varietas tanaman buah tropis yang sangat populer di bernagai negara di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Buah jeruk identik dengan bentuknya yang bulat dengan warna orange cerah. Buah jeruk ini memang sudah menjadi buah favorit bagi semua orang, baik anak – anak, remaja, maupun orang dewasa sekalipun tidak akan ada yang menolak jika ditawari untuk menikmati kesegaran citasa buah ini.

Di Indonesia sendiri, terdapat berbagai macam jenis dan varietas buah jeruk diantaranya jeruk santang, jeruk nipis, jeruk nagami dan masih banyak lainnya. Sama halnya seperti buah mangga, buah jeruk uga termasuk kedalam tanaman yang cepat berbuah (genjah). Meski cepat tumbuh dan berbuah, namun terkadang dalam memperbanyak tanaman jeruk hasilnya tidak sesuai dengan yang kita harapkan.
Untuk mengatasi masalah tersebut, mengembangbiakan tanaman jeruk dengan teknik okulasi adalah pilihan terbaik. Dengan okulasi kita bisa mendapatkan tanaman jeruk yang unggul, cepat berbuah, serta citarasa manis yang sama persis dengan induknya.
  • Jambu
Semua orang pasti pernah mendengar tentang jambu biji? atau mungkin pernah merasakan kenikmatan citarasa buahnya? Pastinya sudah dong. Buah jambu identik dengan bentuknya yang bulat, bewarna hijau dan berbiji kecil. Di Indonesia sendiri buah jambu cukup popular dikalangan masyarakat. Alasannya adalah karena harganya yang terjangkau dan citarasanya yang nikmat.

Selain itu tekstur daging buahnya yang renyah dan menyegarkan juga menjadi faktor penyebab buah jambu menjadi begitu popular. Salah satu keunggulan tanaman jambu adalah sifatnya yang cepat dan mudah berbuah, namun dalam pengembangbiakannya kadang hasil buahnya tidak sesuai dengan yang diharapkan.
Terutama untuk jambu tanpa biji, bisa menjadi jambu berbiji meski berasal dari induk tanpa biji. Karena itulah okulasi menjadi salah satu pilihan terbaik untuk memperbanyak tanaman jambu biji. Berbeda dengan cangkok dan penanaman dari biji, tanaman jambu akulasi akan memiliki hasil buah sama persis dengan induknya. Dengan perpaduan pohon yang kokoh serta rasa yang super nikmat membuat tanaman jambu hasil okulasi menjadi varietas jambu yang unggul dan berkualitas.
Itu tadi sedikit pembahasan seputar Okulasi, apabila ada pertanyaan bisa menghubungi kami via telp/sms/whatsapp : 0823-1087-4445. Anda juga bisa mendapatkan bibit tanaman buah unggul hasil okulasi dengan berkunjung langsung ke kebun kami yang beralamat di Dusun Kandangsari Kwarasan RT 04 RW 07 Gaum, Tasikmadu, Karanganyar – Solo, Jawa Tengah 57761.

Terima kasih dan selamat berkebun :)
Blog Post Lainnya
Mau tanya - tanya dulu?
0823-1087-4445
@2014 - 2020 Samudrabibit Inc.