5 September 2020 1:37 pm

Serba - Serbi Durian Duri Hitam

Serba - Serbi Durian Duri Hitam
  1. Sejarah Durian Duri Hitam

Durian duri hitam ini berasal dari negara tetangga kita, Malaysia. Selain durian musang king, durian duri hitam merupakan salah satu jenis durian yang diunggulak Malaysia. Durian ini dinamakan durian duri hitam karena ujung durinya yang berwarna hitam.

Durian hitam ini juga bisa dikenal dengan nama durian D 200 berasal dari sungai Bakap, Provinsi Wellesley(Selatan) Penang. Durian hitam ini tumbuh di Malaysia sejak tahun 1980- an dan mulai dikenal dan disukai penikmatnya pada tahun 2005. Durian jenis ini merupakan durian hasil persilangan durian jenis monthong dan beberapa kaki baru dari bibit jenis lain.


2. Penanaman dan Perawatan

Untuk penanaman dan perawatan buah durian duri hitam supaya tumbuh dengan baik dan produktif, tanam pada tanah dengan ketinggian 400 – 600 mdpl. Tanaman durian duri hitam ini mempunyai tinggi maksimal 5 meter dan dengan kemiringan maksimal 35 derajat. Di tanah miring memerlukan terasering untuk mencegah erosi. Akarnya sanggup menembus tanah hingga kedalaman 3 meter, jadi kedalaman air tanah yang baik saat menanam yakni 50 – 300 cm.

Apabila kedalaman air tanah terlalu rendah akan mengakibatkan kebusukan akar. Adapun syarat tumbuh tanaman ini yakni pada suhu rata – rata 20 – 30 derajat celcius, dengan intensitas cahaya matahari 60 – 80%, dan curah hujan 1500 – 2500 mm per tahun. Tanah yang akan ditanami dengan kandungan pH antara 6,0 – 7,0, jika kurang dari tanah perlu dinetralkan dengan menggunakan kapur dolomit.

Setelah memperhatikan syarat tanah untuk menanam durian duri hitam berikut penjelasan mengenai penanaman hingga pemanenan buah durian duri hitam. Penjelasanya sebagai berikut :

a. Pemilihan bibit dan penanaman

Bibit buah durian duri hitam didaptkan dari persilangan bibit – bibit jenis durian unggulan. Maka dari itu, bibit yang baik berasal dari pembibitan secara okulasi atau sambung pucuk. Bibit terbaik juga terbebas dari hama dan penyakit. Adapun setelah anda membeli bibit, diamkan atau istirahatkan dahulu selama 1 minggu sampai 1 bulan di tempat teduh dan sirami 2 kali sehari sampai bibit benar benar segar dan sehat.

Untuk penanaman dilahan kering atau ditegalan yang kering sebaiknya tanam pada waktu musim hujan, jikapun ingin menanam pada musim kemarau pada waktu penyiraman harus benar benar diperhatikan agar tanaman jangan sampai mengering atau kekurangan air. Sebelum menanam bibit, siapkan dahulu lahan tanamnya. Apabila ingin menanam lebih dari satu pohon atur jarak antara pohon satu dengan lainnya dengan ukuran 8 x 8 m2.

Atur kerapian tanaman agar tidak terhalang sinar matahari yang dapat mengganggu proses fotosintesis. Buat lubang tanam dengan ukuran 80 x 80 x 80 cm. Campur tanah galian dengan pupuk kompos untuk 3 bagian tanah, kemudian diamkan selama 2 minggu terkena sinar matahari agar terbebas dari hama dan kuman. Setelah itu masukkan kembali tanah galian dan sirami secara teratur. Sebaiknya jangan diberi pupuk kimia agar tanaman tidak mati, dan jaga kepadatan serta kelembaban tanah.

Menjelang penanaman bibit tanaman, basahi dulu polybagnya sebelum dibuka. Buka denga hati hati supaya bibit tetap terjaga kesehatannya. Waktu saat menanam sebaiknya dilakukan pada saat matahari tidak terik, supaya tanaman tidak mengering. Sirami secara teratur dan beri jerami atau sabut kelapa untuk menjaga kelembaban tanah.


b. Pemupukan

Adapun jenis – jenis pupuk yakni organik dan anorganik, untuk tanaman durian ini sebaiknya tidak menggunakkan pupuk anorganik. Nah dari jenis pupuk tersebut, terdapat 2 unsur yakni unsur makro dan mikro. Unsur makro terdiri dari : nitrogen (N), phosphat (P), dan kalium (K). Unsur mikro terdiri dari : molibdenum (Mo), tembaga (Cu), boron (B), natrium (Na), dan klor (CI).

Untuk tanaman durian duri hitam ini kebutuhan akan unsur makro dapat dicukupi dengan pupuk urea untuk mencukupi unsur N, SP-36 untuk mencukupi unsur P, dan Kcl untuk mencukupi unsur K, atau juga dapat dengan memberikan pupuk NPK dengan kandungan lengkap. Adapun waktu pemupukan yang tepat supaya tanaman durian duri hitam tumbuh dengan produktif dan berkualitas, yakni sebagai berikut :

Di awal masa penanaman atau fase vegetatif dengan tujuan untuk mempercepat pertumbuhan. Berikan 1 sendok teh NPK setiap bulannya pada poybag atau 1 sendok makan setiap 2 minggu per tanaman untuk setiap bibit durian yang ditanam di kebun. Di fase pembuahan pemupukan dilakukan setiap 3 bulan dengan NPK melalui tanah. Bisa juga ditambah dengan menyemprotkan pupuk perangsang bunga dengan tujuan bunga tidak mudah rontok.

c. Penyiraman

Di tahap penyiraman ini sangat penting untuk pertumbuhan tanaman, terutama di usia 0 – 1 tahun. Tidak hanya di awal masa pertumbuhan saja, mulai fase berbunga penyiraman harus rutin dilakukan. Penyiraman dilakukan dengan rutin namun juga tidak berlebihan atau sampai menggenang. Karena, air yang menggenang akan mengakibatkan tanaman mudah membusuk.

d. Penyulaman

Pada tahap penyulaman ini dilakukan apabila tanaman mengalami kerusakan atau tanaman mengering. Penyulaman ini dilakukan yakni mengganti bibit yang rusak atau mengering dengan bibit baru yang berusia sama. Apabila tanaman mati sebelum mengganti dengan bibit baru, tanah harus diberi obat pemberantas hama dan penyakit.


e. Pemangkasan

Pada tahap ini dilakukan supaya tanaman cepat berbuah. Selain itu, pemangkasan dilakukan pada cabang atau ranting yang rusak dan mencegah penyebaran. Pemangkasan jika dilakukan dengan teratur akan dapat menjaga kesehatan tanaman dan dapat meningkatkan pertumbuhan secara maksimal. Adapun bagian – bagian yang harus dipangkas :
  • Pemangkasan pada tanaman berusia 2 tahun dengan ketinggian ekonomis 3 – 5 meter. Pangkas ujung batang 1 cm dari mata tunas, pemangkasan ini bertujuan agar tanaman tidak terlalu tinggi.
  • Pemangkasan pada dahan atau ranting dilakukan yang panjangnya melebihi 4 m. Tujuannya untuk merangsang pertumbuhan tunas atau ranting baru di atasnya sehingga penyebaran zat makanan dapat seimbang.
  • Pemangkasan tunas air dilakukan jika ada terlalu banyak tunas air di satu dahan. Pemangkasan dilakukan dengan cara memotong tunas menggunakan pemotong dahan.
  • Pemangkasan tunas dilakukan jika ada tunas yang tumbuh ke bawah dan sejajar dengan batang utama.
  • Pemangkasan juga dilakukan pada bagian tanaman yang daunnya terlalu rimbun untuk mengurangi penyerapan zat makanan ke daun.

f. Perlakuan khusus

Tanaman durian duri hitam juga memerlukan perlakuan khusus untuk mendapatkan hasil yang optimal. Adapun perlakukan khusus yang dilakukan yakni, pertama adalah pengikatan batang. Hal tersebut dilakukan untuk menghambat pengangkutan karbohidrat hasil fotosintesis ke akar sehingga akan merangsang pertumbuhan bunga. Pengikatan batang dapat dilakukan pada tanaman dengan usia minimal 4 tahun. Batang yang diikat adalah batang utama yang cukup besar.

Pengikatan dilakukan menjelang masa berbunga dengan cara mengerat batang dengan menggunakan pisau yang tajam dan bersih, lalu lilit dengan kawat dan kencangkan. Pengikatan ini tepatnya pada 10 – 15 cm dari pangkal cabang. Apabila daunnya menguning lepaskan ikatan, dan bila tanaman sudah pulih akan tumbuh tunas baru diikuti dengan pertumbuhan bunga. Setelah bakal bunga tumbuh, ikatan harus dilepaskan.

Perlakuan khusus yang kedua yakni pengguguran buah, hal ini dilakukan pada masa awal produksi yakni ketika bunga dan buah mulai tumbuh lebat di usia tanaman 4 – 5 tahun untuk bibit hasil okulasi. Perlakuan khusus yang ketiga yakni penjarangan buah, hal ini dilakukan dengan tujuan mendapatkan buah yang berkualitas.

Penjarangan buah caranya yakni dengan pertahankan buah yang berada dipangkal dahan. Penjarangan buah ini dilakukan ketika buah sudah berdiameter 8 cm. Buah yang kurang sehat atau yang tumbuh berhimpitan terlalu banyak sebaiknya dibuang saja. Tinggalkan sekitar 50 – 60% dari total produksi.


g. Pemanenan

Tanaman durian duri hitam ini termasuk dalam durian genjah, buah yang dihasilkan akan mencapai tingkat kematangan sempurna 4 bulan setelah bunga mekar. Adapun ciri – ciri durian duri hitam yang sudah matang yakni ujung durinya berwarna hitam atau coklat tua.

Warna garis diantara duri lebih jelas, tangkainya lunak dan mudah dibengkokkan, ruas tangkainya membesar, bau khas durian, serta berbunyi kasar dan bergema ketika dipukul. Pemetikan menggunakan pisau atau galah berpisau. Potong tangkai pada bagian dekat pangkal batang. Jaga buah jangan sampai jatuh, supaya kualitas buah terjaga.

Nah sampai disini dulu ya jika Anda berminat untuk memulai budidaya Durian Duri Hitam, Anda bisa memesan bibitnya melalui website kami di samudrabibit.net. Bibit Durian Duri Hitam yang kami kembangkan berasal dari hasil perbanyakan cangkok/okulasi sehingga lebih terjamin kualitasnya.

Selain Buah Durian Duri Hitam, kami juga menyediakan berbagai macam bibit tanaman lain yang bisa dikirim keseluruh penjuru Indonesia. Sampai jumpa lagi di artikel menarik berikutnya!!! Selamat berkebun :D
Blog Post Lainnya
Mau tanya - tanya dulu?
0823-2246-8111
@2014 - 2020 Samudrabibit Inc.