31 Desember 2020 2:16 pm

Tak Hanya Lezat, 10 Jenis Buah ini Juga Memiliki Kandungan Nutrisi Paling Tinggi

Tak Hanya Lezat, 10 Jenis Buah ini Juga Memiliki Kandungan Nutrisi Paling Tinggi
Mengonsumsi banyak buah – buahan memang sangat dianjurkan agar asupan kebutuhan nutrisi sehari – hari kita terpenuhi. Dengan mengonsumsi buah – buahan yang kaya nutrisi akan sangat bermanfaat dalam membantu menjaga kesehtan tubuh. Bahkan ada beberapa jenis buah – buahan yang diklaim mampu mengobati penyakit kronis seperti gagal jantung dan kanker.

Jenis buah – buahan yang ada di Indonesia pun juga memiliki jenis yang sangat beragam dan semua memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Namun dari sekian banyaknya jenis buah, Ada beberapa buah yang memiliki citarasa lezat serta mengandung nutrisi yang tinggi dan paling menonjol dari jenis buah lainnya. Jenis buahnya apa saja sih? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Grapefruit.
Buah lezat dengan kandungan nutrisi tinggi yang pertama adalah grapefruit. Grapefruit sendiri merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat melimpah sehingga dapat membantu menjaga dan memelihara kesehatan tubuh. Adapun manfaat dari grapefruit ini adalah dapat menurunkan berat badan serta mengurangi resistensi insulin.

Menurut sebuah penelitian, seseorang yang mengonsumsi setengah buah grapefruit sebelum makan akan mengalami penurunan berat badan yang lebih cepat jika dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi grapefruit. Selain itu, orang yang mengonsumsi grapefruit juga mengalami penururan kadar dan resistensi insulin secara signifikan sehingga sangat bermanfaat untuk meminimalisir diabetes melitus.

2. Nanas.
Sering menonton serial kartun spongebob? Pasti tahu kan spongebob itu tinggal di rumah yang bentuknya Nanas? Nah buah yang sangat mudah dijumpai di hampir seluruh wilayah tropis ini ternyata menjadi salah satu jenis buah yang kaya akan gizi dan nutrisi terutama vitamin C yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Dengan mengonsumsi nanas, kebutuhan vitamin C harian pasti akan sangat terpenuhi. Selain itu, nanas juga mengandung sebuah enzim yang dapat meringankan peradangan dan membantu penyerapat protein. Enzim ini memiliki nama bromelain. Zat ini juga diklaim ampuh untuk melindungi tubuh dari resiko tumor dan kanker.

3. Alpukat.
Buah yang sering diolah menjadi aneka kudapan nikmat dan mengenyangkan ini ternyata diperkaya dengan lemak tak jenuh serta minim akan kalori. Dengan adanya kandungan lemak tak jenuh sangat bermanfaat untuk mengikis endapan plak yang ada di dalam arteri darah, menyehatkan jantung, serta mengurangi resiko serangan penyakit kardiovaskular.

Tak cukup sampai disitu, buah alpukat juga kaya akan kandungan serat, kalium, dan magnesium yang sangat baik dalam membantu menyembuhkan peradangan yang disebabkan oleh efek radikal bebas. Dalam satu buah alpukat berukuran sedang, menyediakan setidaknya 28% kalium harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

4. Blueberry.
Jenis buah kaya nutrisi yang selanjutnya adalah Blueberry. Buah ini diperkaya dengan vitamin C, vitamin K, serat, dan mangan yang sangat melimpah. Kandungan yang ada pada buah blueberry juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahkat tak hanya itu, buah berwarna biru keunguan ini juga kaya akan antioksidan.

Antioksidan pada buah ini bermanfaat untuk mengurari resiko penyakit kronis seperti diabetes, gagal jantung, dan Alzheimer. Menurut penelitian, mengonsumsi buah ini secara teratur mampu membantu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat melawan stress oksidatif serta mencegah infeksi virus akibat radikal bebas.

Kandungan antioksidan yang ada di dalam buah blueberry juga dapat memelihara kesehatan otak, meningkatkan memori dan daya ingat, serta mencegah alzheimer pada orang usia lanjut.

5. Apel.
Buah yang identik dengan warnanya yang merah kehijauan serta teksturnya yang renyah ini mengandung berbagai macam nutrisi penting yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan bermanfaat seperti serat, vitamin C, vitamin K, vitamin B, kalium, dan antioksidan dapat Anda temukan pada buah apel.

Mengonsumsi apel juga berkhasiat untuk mencegah beberapa penyakit seperti gagal jantung, diabetes tipe 2, alzheimer, dan kanker. Selain itu, kandungan antioksidan dan pektin yang ada pada buah apel juga terbukti mampu meningkatkan kepadatan tulang dan gigi, mengoptimalkan sistem metabolisme, serta melancarkan saluran pencernaan.

6. Mangga.
Hampir semua masyarakat Indonesia pastinya sudah mengenal buah mangga kan? Selain memiliki citarasa yang lezat, buah dengan nama ilmiah mangifera indica ini ternyata merupakan salah satu buah dengan sumber vitamin C yang melimpah.

Selain itu, buah mangga juga tinggi akan kandungan serat sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan terutama untuk sistem pencernaan. Buah ini juga memiliki kandungan antioksidan dan zat anti inflamasi yang melimpah. Mengonsumsi buah mangga secara teratur juga mampu mengurangi resiko penyakit kronis yang disebabkan oleh radikal bebas.

7. Semangka.
Dibalik citarasanya yang manis dan menyegarkan, buah semangka juga diperkaya dengan vitamin A dan vitamin C yang melimpah. Kedua vitamin tersebut memiliki peran yang sangat penting dalam mencegah dan membunuh sel kanker. Semangka juga memiliki kandungan likopen dan cucurbitacin E, zat ini berhubungan langsung dengan penurunan resiko kanker pada sistem pencernaan dan menghambat pertumbuhan tumor.

Mengonsumsi makanan yang kaya akan likopen seperti semangka juga dapat meningkatkan kesehatan jantung karena dapat mengurangi kolesterol jenuh serta mengontrol tekanan darah. Kandungan airnya yang mencapai 92% juga sangat baik dikonsumsi untuk mencegah dehidrasi serta dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama.

8. Pisang.
Pisang? Yapsss, buah yang sangat mudah dijumpai dimana saja ini ternyata juga merupakan buah sehat yang kaya manfaat. Buah ini memiliki kandungan vitamin, mineral, dan potasium yang sangat melimpah. Dalam satu buah pisang, terdapat sekitar 12% potasium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Pisang juga tinggi karbohidrat sehingga sangat cocok untuk pendamping diet karena dapat membuat kenyang jadi lebih lama. Kandungan pektin yang ada di dalamnya juga berguna untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Para peneliti juga sudah membuktikan bahwa kandungan mineral dan karbohidrat pada pisang merupakan sumber energi yang baik untuk berolahraga.

9. Jambu Biji.
Buah dengan nama ilmiah psidium guajava ini ternyata memiliki kandungan nutrisi yang sangat luar biasa. Bahkan hanya dengan mengonsumsi satu ons jambu biji dapat memenuhi 107% sumber vitamin C harian tubuh. Selain vitamin C, buah ini juga kaya akan serat, asam folat, kalium, tembaga, mangan, dan vitamin A.

Dengan adanya kandungan tersebut membuat buah jambu biji sangat ampuh untuk melindungi sel dari kerusakan oksidatif, melancarkan pencernaan, mengurani resiko penyakit kronis, serta membantu mencegah kanker usus.

10. Pepaya.
Buah lezat dan kaya nutrisi yang terakhir adalah buah pepaya. Buah ini merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin A, vitamin C, kalium, asam folat, dan antioksidan (lycopene) yang tinggi. Bahkan menurut ahli, lycopene dari buah pepaya dapat dengan baik terserap oleh tubuh daripada kandungan lycopene dari sayuran atau buah lain.

Lycopene sendiri juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti mencegah penyakit jantung, mencegah kanker, menyuburkan sistem reproduksi, meringankan osteoporosis, serta meningkatkan fungsi otak. Oleh karena itu, banyak masyarakat mancanegara yang menyisipkan pepaya dalam hidangan sehari – hari untuk menjaga kesehatan tubuh.
Sampai disini dulu ya artikel yang membahas tentang jenis buah bercitarasa lezat dan memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Sebenarnya, masih ada banyak lagi jenis buah – buahan yang berkhasiat dan bermanfaat untuk kesehatan kita. Namun tidak mungkin jika semuanya ditulis pada satu artikel ini. Mungkin nanti akan kami bahas lagi di lain waktu.

Jika Anda berminat untuk menanam salah satu dari 10 jenis buah diatas, Anda bisa mendapatkan bibitnya dengan memesannya melalui website kami di samudrabibit.net. Atau mungkin jika Anda tinggal di sekitar Solo, Anda bisa langsung berkunjung ke kebun kami dengan mengklik link berikut. Sampai jumpa lagi di artikel menarik berikutnya dan selamat berkebun!
Blog Post Lainnya
Mau tanya - tanya dulu?
0823-2246-8111
@2014 - 2020 Samudrabibit Inc.