24 Februari 2021 9:26 am

Tak Hanya Sebagai Hiasan, 9 Tanaman Ini Ternyata Menyimpan Manfaat Baik Untuk Kesehatan.

Tak Hanya Sebagai Hiasan, 9 Tanaman Ini Ternyata Menyimpan Manfaat Baik Untuk Kesehatan.
Tanaman hias pada masa sekarang ini memang sedang ramai diminati, penampilannya yang unik dengan ciri khas yang menarik memang menjadi salah satu daya tarik oleh sebagian orang untuk dijadikan sebagai salah satu aksen dekorasi atau sekedar koleksi yang mempunyai nilai seni tinggi. Hadirnya beberapa tanaman ini ke dalam rumah yang Anda tempati, akan memberikan nuansa baru dengan suasana yang lebih alami dan terkesan asri.
Budidaya tanaman hias memanglah tak semata mata hanya karena menarik mata saja, tapi sejumlah manfaat yang dapat dirasa juga ikut serta menjadi alasan mereka untuk mencoba membudidayakannya meski tidak terlalu paham tentang perawatannya. Tak heran, selain sekedar menjadi penghias di dalam ruangan, banyak juga orang yang menjadikannya sebagai sumber dari pundi pundi penghasilan.
Tanaman hias sendiri sebenarnya memiliki ragam bervariasi dengan kecantikan dan keunikan yang berbeda beda. Tak heran jika setiap tanaman hias memiliki trend yang akan senantiasa berubah ubah setiap tahunnya. Tanaman yang memiliki jumlah peminat yang tinggi, pasti juga akan dibandrol dengan harga yang tinggi pula. Itulah sebabnya tanaman hias dengan harga yang fantastis kerap dijadikan sebagai ladang usaha dalam berbisnis.

Beberapa tanaman ini, dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin mencoba melakukan pembudidayaan atau sekedar menjadikannya sebagai penghias dalam ruangan. Yuk, simak penjelasannya!

1. Tanaman Lidah Buaya.
Aloe Vera
Aloe Vera
Yang pertama adalah lidah buaya, tanaman yang satu ini pasti sudah sangat terkenal bahkan sering kita jumpai dalam kehidupan sehari hari. Daun dari tanaman ini memiliki bentuk lebar yag meruncing ke ujung dan memilki gerigi pada bagian samping daun.

Lidah buaya juga sangat dikenal di dunia perawatan kulit karena beragam manfaatnya yang mampu menyegarkan dan dapat membantu merawat serta menjaga kelembapan kulit wajah maupun tubuh. Tak jarang, tanaman ini kerap diolah sedemikian rupa menjadi obat kecantikan herbal alami yang minim akan efek samping.

2. Tanaman Rosemary
Salvia rosmarinus
Salvia rosmarinus
Bagi Anda yang gemar memasak, terutama makanan barat atau westren mungkin kerap menggunakan tanaman ini sebagai penambah aroma dan rasa pada berbagai macam olahan dan masakan seperti pada daging sapi, ayam, seafood, maupun domba.

Selain itu, tanaman rosemary juga kerap digunakan sebagai aromaterapi karena diketahui memiliki efek antioksidan, antibakteri, antivirus, serta dapat meredakan peradangan di dalam tubuh.

3. Tanaman Lidah Mertua
Sansevieria
Sansevieria
Selanjutnya ada lidah mertua, tanaman yang satu ini memang terbilang sedikit aneh dari tanaman hias lainnya. Bagaimana tidak, jika tanaman lain memerlukan perawatan agar dapat tumbuh dengan sehat dan optimal, Lidah mertua justru malah sebaliknya, ia dapat tumbuh pada kondisi lingkungan yang kurang subur seperti lahan yang kering, sedikit sinar matahari dan banyak polusi.

Itu karena tanaman lidah mertua termasuk ke dlam jenis succulent plants, yaitu tanaman yag mampu menyimpak casangan air dalam daun, batang, dan akar untuk tetap bertahan hidup pada kondisi lingkungan yang ekstrim seperti tanah kering dan sebagainya.

4. Tanaman Bromeliad
Bromeliaceae
Bromeliaceae
Lain halnya dengan lidah mertua, tanaman bromeliad adalah kebalikannya. Tanaman yang satu ini justru memerlukan cahaya dan area yang terang agar dapat bertahan hidup dan tumbuh dengan sehat.

Keunikan dari Bromeliad adalah daunnya yang berbentuk seperti nanas dan tersusun sangat rapi, panjang dan lebar dari daunnya pun memiliki ukuran yang berbeda. Daun bagian bawah akan terlihat panjang, namun semakin keatas semakin mengecil. Inilah yang menjadikan Bromeliad sebagai salah satu tanaman hias yang unik dan populer.

5. Tanaman Kaktus
Cactaceae
Cactaceae
Meski memilki tampilan yang gersang, nyatanya tanaman ini memiliki beragam manfaat yang jarang diketahui orang. Salah satunya adalah mengurangi efek radiasi pada layar komputer dan alat elektronik lain yang Anda gunakan setiap hari.

Tanaman kaktus merupakan salah satu tanaman hias yang tergolong sangat mudah dalam segi perawatan, ia sama sekali tak memerlukan perawatan khusus seperti tanaman lain. Itu disebabkan karena tanaman ini mampu beradaptasi di iklim panas dengan curah hujan yang minim melalui tubuhnya yang mampu menyimpan cadangan air.

6. Tanaman Hebras
Gerbera
Gerbera
Tanaman yang satu ini menjadi salah satu tanaman pot yang banyak diminati, penampilannya yang unik dengan aroma, serta kelopak bunganya yang panjang menyerupai daisy, namun dengan ukuran bunga yang lebih besar.
Tak hanya itu, keunikan lain dari tanaman ini berasal dari khasiatnya yang mampu melenyapkan benzena di dalam ruangan serta memproduksi oksigen di malam hari loh.

7. Tanaman Sirih belanda
Piper ornatum
Piper ornatum
Berbeda dari 6 tanaman tadi, Sirih belanda memanfaatkan media gantung dalam penempatanya untuk menciptakan pemandangan hijau kekuningan yang tampak melayang.
Selain itu, kandungan yang ada pada tanaman ini mampu menyerap zat zat beracun yang mebahayakan kesehatan tubuh. Bahkan dalam waktu 24 jam, tanaman ini mampu menyerap 90% dari zat benzena yang terdeteksi di sekitar ruangan Anda.

8. Tanaman Lavender
Lavandula
Lavandula
Selain dikenal akan keampuhannya dalam mengusir serangga seperti nyamuk, tanaman lavender memiliki penampilan yang unik dan khas sehingga banyak orang yang menggunakannya sebagai hiasan untuk mempercantik ruangan.
Zat yang dihasilkan oleh tanaman ini juga mampu memberikan efek relaksasi sehingga sangat cocok untuk digunakan ketika merasa kesulitan saat hendak tidur dan sakit pada bagian kepala.
9. Tanaman Monstera
Monstera
Monstera
Tanaman yang satu ini memang sedang naik daun untuk saat ini lantaran harganya yang terbilang sangat tinggi. Monstera adalah tanaman yang tergolong langka dan sulit ditemukan, itu karena klorofil yang dihasilkan dari prosesfotosintesis hanyalah sedikit.

Selain itu, keunikan lain dari tanaman ini berasal dari daunnya yang berlubang secara alami yang mampu memperbaiki kualitas udara di ruangan yang Anda tempati. Ukuran daunnya yang besar dan berbentuk seperti hati dengan warna yang hijau pekat serta permukaan mengkilat, menjadi alasan lain mengapa tanaman ini memiliki banyak peminat.


Itu dia 9 tanaman yang kami rekomendasikan untuk Anda yang ingin mencoba melakukan pembudidayaan atau sekedar pajangan dalam ruangan. Namun ternyata, tujuan utama penanaman tanaman hias di rumah Anda bukanlah hanya sekedar pajangan atau hiasan semata. Kandungan dan manfaat yang ada di dalamnya juga menjadi alasan kenapa tenaman hias banyak dibudidayakan. Diantaranya adalah:

1. Meningkatkan Oksigen Di Dalam Ruangan
Dengan adanya tanaman hidup di dalam ruangan Anda, ketersediaan oksigen berkualitas akan senantiasa terjaga keberadannya. Selama proses fotosintesis, tumbuhan akan menyerap seluruh karbondioksida di dalam ruangan dan akan melepaskan oksigen baru yang sangat dibutuhkan.

2. Melembabkan Udara
Selain itu, tanaman hias juga akan meningkatkan tingkat kelembaban pada suatu ruangan, itu disebabkan oleh akar tanaman yang mampu menyerap air dan nantinya akan menguap melalui daun dalam proses tranpirasi. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari resiko kulit kering, pilek, sakit tenggorokan, dan batuk kering.

3. Memurnikan Udara Dan Membersihkan Polutan
Siapa sangka, dibalik penampilannya yang memukau mata, ternyata beberapa tanaman tadi juga mampu untuk menghilangkan racun di udara. Selain itu, efek radiasi yang diberi oleh barang elektronik yang Anda miliki juga akan diserap oleh beberapa tanaman tadi.

4. Mengurangi Stress Dan Depresi
Jika Anda adalah pelajar atau pekerja yang memiliki kesubukan luar biasa setiap harinya, merawat tanaman ini bisa menjadi salah satu cara untuk melawan rasa depresi dan kebosanan. Dengan menanam ataupun merawat tanaman, akan menumbuhkan motivasi dan kepuasan ketika melihat tanaman tersebut.

5. Membantu Tidur Nyenyak
Banyak yang mengatakan jika tidur berada disekitar tanaman bukanlah hal yang baik karena akan berebut oksigen. Namun tidak pada sebagia tanaman seperti lidah buaya, sukulen, dan lidah mertua, mereka justru mengubah karbon dioksida menjadi oksigen di malam hari yang dapat membuat Anda tidur lebih lelap. Selain itu, aroma khas dari tanaman dapat membuat pikiran Anda jauh lebih rileks dan nyaman.


Itulah beberapa jenis tanaman yang memiliki paras indah nan menawan untuk dijadikan sebagai pilihan membudidayakan tanaman atau hanya sekedar dijadikan hiasan serta manfaat dan khasiat yang akan didapat dari penanamannya di dalam ruangan. Sebenarnya, masih ada sangat banyak tanaman yang memiliki manfaat hebat lainnya. Namun rasanya tidak mungkin jika semua dibahas sekaligus disini. Jika ada kesempatan lagi, kami akan bahas kembali di lain hari.
Jika Anda berminat untuk mencoba membudidaya tanaman hias seperti penjelasan diatas, Anda dapat mengunjugi website kami di SamudraBibit.net
Disitus tersebut Anda dapat menjelajahi, mencari, bahkan membeli bibit tanaman dan perlengkapannya secara online. Bibit yang disediakan merupakan bibit pilihan dengan varietas unggulan dengan harga yang ramah ditangan. Atau jika berkenan, Anda bisa mengunjunginya secara langsung di :
Karanganyar – Solo, Jawa Tengah tepatnya di Dusun Kandangsari, Kwarasan, RT 04/RW 07 Gaum, Tasikmadu 57761. Terima Kasih!
Blog Post Lainnya
Mau tanya - tanya dulu?
0823-2246-8111
@2014 - 2020 Samudrabibit Inc.