16 Desember 2020 3:25 pm

Teramat Laris, 5 Tanaman Ini Jadi Incaran Para Pebisnis

Teramat Laris, 5 Tanaman Ini Jadi Incaran Para Pebisnis
Tak Terasa, hampir setahun rasanya kita semua terjebak dalam ancaman yang ditimbulkan oleh pandemi dan tak kunjung pergi. Tak hanya berdampak pada kesehatan maupun kelangsungan hidup umat manusia, adanya pandemi ini juga mengacaukan beragam sektor usaha yang memaksa mereka untuk segera menggulung tikarnya. Ratusan bahkan ribuan pegawai kehilangan pekerjaan mereka dan terpaksa untuk tetap berdiam diri di rumah saja.
Meski begitu, banyak muncul usaha baru selama pandemi ini yang terbilang banyak digemari, mulai dari sektor makanan, fashion dan pakaian, olahraga, maupun hobi. Salah satu bisnis usaha yang tak kalah lagi hebatnya adalah tanaman hias. Memang sejak pandemi ini banyak sekali orang orang yang menghabiskan waktu mereka hanya untuk tetap dirumah saja. Tak heran, usaha bisnis dari sektor tanaman mampu menghasilkan sumber pendapatan yang cukup menjanjikan.
Tanaman hias sendiri tentunya memiliki beragam jenis dan varietas yang bervariasi dengan kecantikan dan keunikan yang begitu khas. Tak heran jika setiap tanaman hias memiliki trend yang akan senantiasa berubah ubah setiap tahunnya. Tanaman yang memilik jumlah peminat yang sangat tinggi, pasti juga dibandrol dengan harga yang tinggi pula. Itulah sebabnya mengapa tanaman hias dengan harga yang fantastis kerap dijadikan sebagai ladang usaha dalam berbisnis.
Diantara beberapa jenis tanaman yang ada, beberapa tanaman inilah yang masih memiliki cukup banyak peminat sehingga kerap dijadikan sebagai sumber usaha bagi para pebisnis. Yuk simak penjelasannya!
1. Monstera
Tanaman hias yang pertama adalah Monstera, tumbuhan dengan nama latin Monstera deliciosa memang sudah terkenal sangat lama memiliki beragam jenis dan varietas dengan susunan genetik yang berbeda beda pula. Selain itu keberadaan tanaman ini sangat sulit untuk ditemukan karena hanya menghasilkan klorofil yang sedikit sehingga tak sembarangan orang bisa merawatnya.
Menggunakan Monstera sebagai dekorasi untuk mempercantik ruangan dalam rumah merupakan pilihan yang sangat tepat! Itu disebabkan karena tanaman ini tidak terlalu membutuhkan sinar matahari yang terlalu banyak agar bisa tumbuh dengan baik. Tanaman Monstera mampu tumbuh di dalam ruangan dengan suhu antara 23 °C hingga 25°C ada siang hari dan 15°C pada malam hari.

Saat ini, tanaman Monstera sudah banyak ditemukan di berbagai platform marketplace yang sangat mudah untuk ditemukan. Harga yang ditawarkan pun juga beragam, mulai dari ratusan ribu hingga lebih dari puluhan juta rupiah loh. Mahalnya tanaman ini tak lepas dari langkanya jenis dan ukuran tanaman yang diberikan.

2. Aglaonema
Tanaman hias yang kedua adalah Aglaonema, tumbuhan dengan nama latin Aglaonema commutatum ini memang sedang diburu oleh pecinta tanaman hias karena memiliki warna dan penampilan luar yang menarik. Ternyata, selain memiliki daun dengan warna yang indah untuk dipandang, tanaman Aglaonema juga dipercaya mampu menghilangkan polutan di udara sekitar ruangan Anda loh.
Tanaman Aglaonema mampu hidup dan tumbuh dengan baik di tempat yang lembab. Anda dapat melatakkannya di ruangan dengan pencahayaan sinar matahari yang cukup serta suhu ruangan yang baik antara 16°C hingga 27°C. Tanaman ini mampu hidup di tempat dengan kelembaban yang cukup tinggi bahkan mampu menyerap sebagian kelembaban dari udara sekitar ruangan.
Saat ini, tanaman Aglaonema memiliki harga yang bisa dibilang cukup mahal. Untuk yang paling murah saat ini harganya berkisar antara ratusan ribu saja, namun untuk yang diatasnya tanaman Aglaonema mampu mencapai angka hingga puluhan juta yang tergantung dari besar tanaman dan warna daun yang dihasilkan. Harga Aglaonema dapat menjadi semakin mahal apabila pernah menjadi juara dalam sebuah kontes kecantikan. 3. Adenium
Tanaman hias selanjutnya yang tak kalah populer di masa sekarang adalah Adenium, tumbuhan dengan nama latin Adenium obesum merupakan spesies tanaman hias berbatang besar dengan warna bunga yang indah. Keunikan dari batang dan bunganya inilah yang menyebabkan Adenium memiliki penggemar yang cukup banyak.
Adenium sangat cocok jika dijadikan sebagai dekorasi pada runagan rumah Anda, perawatannya pun bisa dibilang cukup mudah dan mampu bertahan dalam suhu ruangan antara 5°C sampai dengan 52°C. Selain itu, tanaman Adenium sangatlah menyukai tanah yang memiliki porositas baik dan mampu dengan cepat menyerap air serta memiliki sirkulasi udara yang baik.

Tanaman Adenium memilki harga yang terbliang cukup fantastis, itu disebabkan karena bentuk batangnya yang unik menjadikannya sebagai salah satu daya tarik tersendiri. Selain batang, bunga yang dihasilkan tanaman ini juga menjadi alasan dari mahalnya harga tanaman ini, tak heran jika ada yang menjualnya dengan harga yang mencapai puluhan juta rupiah. Bahkan di tahun 2009 lalu ada yang menjualnya dengan harga 500 juta loh.
4. Lidah Mertua
Selanjutnya ada tanaman Lidah Mertua, tumbuhan dengan nama latin Sansevieria ini memang tengah digandrungi oleh masyarakat Indonesia selama masa pandemi. Selain memiliki penampilan fisik yang unik, tanaman lidah mertua juga memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh seperti menyerap karbonmonoksida dan polusi udara yang berlebihan dalam suatu ruangan.
Tak hanya itu, keinstimewaan lain dari tanaman dikarenakan oleh perawatannya yang sangat mudah dan mampu bertahan di tempat yang panas dengan air yang sedikit serta memiliki daya adaptasi yang tinggi dalam berbagai suhu. Penyiramannya juga hanya perlu dilakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu. Itu disebabkan karena lidah mertua juga termasuk kedalam jenis tanaman sukulen
Tanaman yang satu ini sebenarnya sangatl mudah untuk didapatkan serta memiliki harga yang sangat terjangkau, namun siapa sangka ternyata ia memiliki harga yang relatif tinggi di luar negeri. Melansir dari beberapa platform marketplace di luar negeri, tanaman lidah mertua kerap dijual dengan harga 84,99 USD atau sekitar Rp.1,2 juta loh. Harga jual yang tinggi inilah yang menjadi alasan populernya kembali tanaman hias yang satu ini.
5. Sirih Gading
Yang terakhir adalah tanaman Sirih Gading, tumbuhan dengan nama latin Epipremnum aureum ini juga termasuk ke dalam golongan tanaman yang paling laris, itu disebabkan karena sifat tahan bantingnya atau sulit untuk mati. Selain itu, manfaat yang dihasilkannya juga turut serta menjadi alasan mengapa tanaman ini banyak diburu orang orang.
Tanaman sirih gading dipercaya dapat mengurangi suhu ruangan. Ditambah lagi dengan uap air yang dilepaskannya juga membantu menjaga kelambaban dalam ruangan Anda sebanyak 30% hingga 60% loh. Dengan bentuknya yang relatif kecil, Sririh Gading sangat cocok untuk diletakkan dimana saja dan akan menjaga udara ruangan agar tetap sejuk dan segar.
Tak hanya memiliki tampilan yang cantik saja. Tanaman menjalar ini juga menjadi tanaman favorit untuk dekorasi dalam sebuah ruangan. Keunggulan lainnya dipercaya bisa menyerap racun dan polutan di dalam rumah Anda serta mengolahnya menjadi pasokan oksigen segar. Selain itu, tanaman ini juga bisa menggunakan air sebagai media tanamnya serta mampu menetralisasi ruangan Anda dari bau tak sedap. Alasan-alasan inilah yang menjadikan sirih gading sangat tepat untuk diletakkan di dalam rumah Anda.
Itulah beberapa jenis tanaman yang memiliki karakteristik yang unik sehingga banyak digemari oleh masyarakat di masa pandemi ini yang dapat Anda jadikan sebagai ladang penghasilan. Sebenarnya, masih ada sangat banyak tanaman dengan tingkat kepopuleran yang lainnya. Namun rasanya tidak mungkin jika semua dibahas sekaligus disini. Jika ada kesempatan lagi, kami akan bahas kembali di lain hari. Jika Anda berminat untuk mencoba membudidaya tanaman hias seperti penjelasan diatas, Anda dapat mengunjugi web kami di SamudraBibit.net
Disitus tersebut Anda dapat menjelajahi, mencari, bahkan membeli bibit tanaman dan perlengkapannya secara online. Bibit yag disediakan merupakan bibit pilihan dengan varietas unggulan dengan harga yang ramah ditangan. Atau jika berkenan, Anda bisa mengunjunginya secara langsung di :
Karanganyar – Solo, Jawa Tengah tepatnya di Dusun Kandangsari, Kwarasan, RT 04/RW 07 Gaum, Tasikmadu 57761. Terima Kasih!
Blog Post Lainnya
Mau tanya - tanya dulu?
0823-2246-8111
@2014 - 2020 Samudrabibit Inc.