Bibit Tanaman Jambu Bangkok
Rp 200.000
Rp 100.000
Harga Grosir
1-2
3-4
5-9
>10
Rp 100.000
Rp 90.000
Rp 80.000
Rp 75.000
`Saya Mau Dong!!!
`Tambahkan Ke Keranjang

Siang – siang lagi bersantai? Paling enak ya sambil ngerujak!!! Apalagi kalau ngerujaknya bareng - bareng teman atau keluarga. Lezatnya dijamin nambah deh!!! Berbicara mengenai rujak, tahukah Anda buah apa yang paling enak dibuat rujak? Kalau disebutin satu – satu bisa banyak banget yak, semuanya sama – sama nikmat dan lezat.

Namun dari sekian banyaknya jenis buah tersebut, Anda pasti tahu jambu biji kan? Yaps, jambu biji selain nikmat dimakan langsung sebagai buah segar juga sangat cocok untuk dibuat rujak. Rasanya yang manis dipadukan dengan tekstur daging buahnya yang renyah, ditambah sambal rujak yang asam manis pedas memang sangatlah nikmat.
Tapi sayangnya, jambu biji pada umumnya hanya berukuran kecil sehingga kurang memuaskan. Belum lagi ditambah bijinya yang banyak, dagingnya pun makin berkurang. Trus apa yang mau dimakan? Kulitnya? Ya jelas enggak dong!!! Pastinya Anda nggak mau terus – terusan begini kan? Maka dari itu, Anda wajib berkenalan dengan jambu bangkok.

Kenapa wajib? Karena jambu bangkok memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh jambu lainnya. Nah salah satu keunggulan jambu ini yang membuatnya menjadi primadona adalah ukuran buahnya. Seperti yang Anda lihat, jambu bangkok memang memiliki ukuran buah yang sangat fantastis. Bahkan saking besarnya, Anda mungkin tak bisa menggenggam buahnya dengan satu tangan.
Ukuran buahnya yang besar ini tentunya akan sangat memuaskan saat disantap. Selain itu, jambu yang berasal dari negeri gajah putih, Thailand ini juga memiliki citarasa yang lezat dan nikmat. Ketika dikunyah, lidah Anda akan dimanjakan dengan daging buahnya yang manis, teksturnya yang renyah, dan kandungan airnya yang melimpah. Pokoknya dijamin mantep banget deh!!!

Sama seperti jambu biji pada umumnya, jambu bangkok ini juga memiliki biji. Namun Anda tidak perlu khawatir!!! Karena ukurannya yang besar, secara otomatis daging buahnya juga menjadi lebih banyak sehingga biji yang ada di dalamnya tidak akan mengurangi kenikmatan saat mencicipinya. Untuk membuang bijinya juga sangat mudah kok, bisa pakai pisau atau kerok aja pake sendok.
Selain bisa dikonsumsi langsung dalam kondisi segar, daging buah jambu bangkok juga bisa diolah menjadi selai, sari buah, asinan, dan tentunya rujak yang lezat. Jika diperhatikan, jambu bangkok memiliki pohon berkayu yang tumbuh tegak, berwarna cokelat dengan motif berwarna putih, kulit batangnya licin, dan memiliki percabangan yang banyak.

Daunnya berbentuk bulat telur, ujungnya meruncing, berjenis menyirip, tulang daunnya terlihat jelas, dan berwarna hijau. Oleh masyarakat, daunnya ini sering dimanfaatkan sebagai obat sakit perut atau diare. Caranya juga sangat mudah, cuci bersih daun jambu biji kemudian rebus daunnya dengan air mendidih. Jika sudah kemudian disaring dan diminum air rebusannya.
Jambu bangkok juga memiliki bunga yang berbentuk seperti lonceng, berukuran kecil, berwarna putih, dan biasanya muncul di sela – sela daun. Seiring dengan berjalannya waktu, bunganya ini akan berubah menjadi buah jambu bangkok yang berbentuk bulat, berukuran besar, diameternya sekitar 10 cm, dan memiliki aroma yang khas ketika sudah matang.

Jika Anda tertarik menanamnya, ada kabar baik nih! Bibit jambu bangkok bisa ditanam di semua ketinggian dataran loh! Jadi dimanapun Anda berada, Anda tetap bisa menanam dan memanen buah jambu bangkok dari kebun sendiri. Untuk media tanamnya, Anda bisa menggunakan campuran pupuk kandang kering dan tanah humus dengan perbandingan 1:1.
Agar pertumbuhannya lebih maksimal, lakukan juga penyiraman setiap dua kali sehari (pagi dan sore), pemupukan setiap sebulan sekali menggunakan pupuk NPK/kandang, serta pembersihan gulma secara berkala. Jika dirawat dengan baik, bibit jambu bangkok hasil cangkok/okulasi biasanya akan mulai berbuah dalam waktu 1 – 2 tahun sejak penanaman. Sangat cepat bukan?

Tak hanya lezat dan bikin kenyang, ternyata di dalam buah jambu bangkok juga kaya akan kandungan gizi dan vitamin loh! Pastinya Anda sudah tahu kan? Yaps, didalamnya terdapat kandungan vitamin A, vitamin C, serta kalium, dan antioksidan. Nah jika dikonsumsi secara teratur, tentunya juga dapat memberikan banyak manfaat untuk kita seperti :

1. Membantu menurunkan berat badan.
2. Meringankan nyeri saat menstruasi.
3. Mengatasi diare.
4. Menurunkan tekanan darah.
5. Meningkatkan sistem imun tubuh.
6. Menjaga kesehatan kulit.
7. Menurunkan kadar gula darah.
8. Melancarkan saluran pencernaan.
9. Meningkatkan kesehatan jantung.
10. Mengobati dan meringankan flu.

Spesifikasi :
Nama : Jambu Bangkok.
Nama Latin : Psidium Guajava.
Asal daerah : Thailand.
Asal bibit : Hasil cangkok/okulasi.
Rekomendasi dataran : Semua dataran, baik rendah maupun tinggi.
Iklim tumbuh optimal : Iklim tropis.
Kebutuhan sinar matahari : Penyinaran sepanjang hari.
Waktu berbuah : Sekitar 1 – 2 tahun sejak ditanam (terkadang bibit sudah ada yang berbuah ketika dikirim).
Jika ditanam di dalam pot (tabulampot) :
Diameter pot : Sekitar 60 cm.
Media tanam : Campuran pupuk kandang kering dan tanah humus.
Penyiraman : Dua kali sehari (pagi dan sore).
Penyiraman : 2 kali sehari.
Pemupukan : Menggunakan pupuk NPK/kandang, sebulan sekali.
`Saya Mau Harga Promo!!!
Mau tanya - tanya dulu?
0823-2246-8111
@2014 - 2020 Samudrabibit Inc.